Hidayah, Nurul (2003) Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Jasa Telkom Net Instan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
98220506.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum tujuan suatu perusahaan adalah untuk mencari laba. Untuk memperoleh laba tersebut maka produknya, baik berupa jasa atau barang, harus laku di pasaran. Sementara dewasa ini hampir tidak ada perusahaan yang memonopoli dalam memproduksi suatu barang atau yang melayani suatu jasa tertentu. Oleh karena itu untuk memasarkan produk atau jasanya ia harus bersaing dengan perusahaan lain. Untuk meghadapi persaingan ini maka ia harus pandai-pandai mengggunakan strategi yang bagus untuk mengalahkan pesaingnya atau minimal menyamainya. Salah satu cara tersebut diantaranya dengan melakukan atau menggunakan alat-alat promosi/bauran promosi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari penggunaan bauran promosi tersebut terhadap volume penjualan. Disini penulis melakukan studi kasus di perusahaan persero yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Malang, dengan meneliti terhadap salah satu poduknya yaitu jasa internet Telkom Net Instan. Dan untuk mengetahui bauran promosi mana yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan jasa Telkom Net Instan tersebut.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Korelasi Berganda untuk mengetahui mengetahui adanya' hubungan atau tidak, serta seberapa kuat lemahnya hubungan variabel tersebut diketahui melalui nilai koefisien korelasi (r) dan Analisis Regresi Berganda digunakan untuk menentukan bentuk promosi yang seharusnya digunakan perusahaan karena yang paling besar pengaruhnya terhadap peningkatan volume penjualan jasa Telkom Net Instan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu bauran promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan atau positif terhadap volume penjualan jasa ineternet pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Malang. Hal tersebut dilihat dari hasil angka koefisien korelasi antara bauran promosi dengan penjualan jasa internet adalah sebesar 0,997. Dan dari analisis regresi berganda diperoleh kesimpulan bahwa bauran promosi yang harus dilakukan lebih intensif adalah personil selling diantara empat bauran promosi yang digunakan oleh perusahaan yaitu: periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling.
Untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan terhadap produk internet yang lain baik dari provider lain maupun dari PT Telkom yang lain diantaranya yaitu Cable Internet atau Asti Net, juga bisa terhadap produk lain yang berhubungan dengan internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail |
Keywords: | Biaya Bauran Promosi; Volume Penjualan Jasa Telkom Net Instan; PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56432 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |