Sutikno, Sutikno (2003) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelian Konsumen Sepeda Motor Suzuki Shogun di Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
9220192.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kondisi persaingan pada akhirnya akan menawarkan lebih banyak pilihan pada konsumen. Pada sisi lain, upaya perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar menjadi tidak mudah, sehingga salah satu upaya untuk bisa bertahan adalah dengan mempertahankan pasar yang sudah ada. Orientasi pada konsumen merupakan salah satu alternatif untuk merpertahankan pasar. Orientasi ini diwujudkan dengan memberikan nilai lebih konsumen melalui layanan yang berkualitas. Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan dikaji adalah bagaimana pengaruh Variabel bebas yaitu kinerja, ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifik, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan, terhadap variabel terikat (pembelian konsumen) dan factor mana yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelian konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan delapan variabel dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukurannya. Penelitian dilakukan di Daerah Kaliwates Jember dengan populasi masyarakat yang memakai sepeda motor Suzuki Shogun yang tinggal di Kec. Kaliwates Jember dan sampel yang diambil 52 dari populasi yang ada. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Dan analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif, regresi linear berganda.
Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara faktor kinerja, ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifik, daya tahan, serviceability, estetika, kualitas yang dipersepsikan dengan kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai koefisien kolerasi sebesar 3,996. Secara bersama-sama variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pembelian konsumen yang dirunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,986. Secara parsial diketahui bahwa faktor kinerja mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat pembelian konsumen yang ditunjukkan dengan probabilitas 2,348 dan tingkat kepercayaan 95%% ((0,05). Dari hasil pengujian bahwa semua Variabel bebas yaitu kinerja, ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, serviceability, estetika, kualitas yang dipersepsikan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (kinerja, ciri-ciri,keandalan, kesesuaian dengan spesifik, daya taha, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan) terhadap variabel terikat (pemebelian konsumen). Konsumen menunjukkan bahwa perubahan tingkat pembelian konsumen akan sangat tergantung pada factor-faktor dialas. Dan dari semua faktor-faktor itu, faktor Kinerja memberikan sumbangan paling besar terhadap pembelian konsumen, sehingga peningkatan kinerja akan dapat memberikan faktor pendukung yang lebih pada konsumen. Secara umum, responden menyatakan puas atas layanan yang diterima tetapi perusahaan Dealer Suzuki Shagun 1. Trunojoyo Jember harus tetap berusaha untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | Analisis Faktor; Pembelian Konsumen |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56422 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |