Nisfiyah, Arifatun (2005) Analisis strategi potongan harga dalam meningkatkan keputusan pembelian di Toko Buku Toga Mas Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kunci pemasaran adalah penentuan kebutuhan dan keinginan pada pemberian kepuasan yang diiginkan konsumen dengan lebih efektif dan efisien dari pada pesaing. Berbagai cara dilakukan untuk menarik pembeli dan salah satu strategi yang dilakukan adalah melalui pemberian potongan harga yaitu pengurangan dari harga terdaftar yang diberikan oleh penjual knpada pembeli yang telah memenuhi ketentuan yang diajukan oleh penjual. Dalam Hadits disebutkan bahwa Nabi tidak berharap terjadi kedlaliman dalam menentukan harga, karena dapat menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat. Dalam pembelian konsumen dipengaruhi oleh dua faktor yaitu lingkungan eksternal yang meliputi kebudayaan, kebudayaan khusus, kelas sosial serta keluarga, kemudian yang kedua faktor lingkungan internal terdiri dari motivasi, pengamatan, belajar, dan sikapi.
Berangkat dari uraian tersebut di atas, maka dalam skripsi ini penulis mengambil judul : ”ANALISIS STRATEGI POTONGAN HARGA DAUAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO TOGA MAS MALANG". Dari judul tersebut penulis mengambil rumusan masalah yang perlu dikaji, yakni : apakah strategi potongan harga berpengaruh dalaril meningkatkan keputusan pembelian di Toko Buku Toga Mas Malangi Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi potongan harga dalam meningkatkan keputusan pembelian yang ada di Toko Buku Toga Mas Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dati yang menjadi unit analisa adalah individu. Sebagai populasi dalam penelitian ini yaitu seluriih pengunjung Toko Bukii Toga Mas, sedangkan tehnik pengambilan sampelnya adalah sampling incidental dengan hienetapkan 285 pengunjung Toga Mas yang diambil secara kebetulan sebagai responden. Untuk memperoleh data tentang hal d ia tas, dalam skripsi ini penulis menggunakan metode kuisioner, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Diperoleh persamaan regresi ¥=6,922 + 0,459, dimana 6,922 adalah nilai konsntanta dan 0,459 adalah koefisien regresinya. (2) Berdasarkan hasil uji t terlihat bahwa variabel X berpengaruh secara nyata terhadap produktivitas yang ditunjukkan dengan nilai t hitung. (3) Besarnya pengaruh variabel X terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 40٢3%٠ (4) Dalam menetapkan harga Toga Mas memberikan harga berdasarkan ketetapan yang telah ditentukan oleh penerbit. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar : (1) kebijakan potongan harga ini hendaknya tetap dilaksanakan. (2) Mengevaluasi pelaksanaan pemberian potongan harga. (3) Untuk mendukung hasil penjualan sebaiknya Toga Mas meninjau kembali kebijakan bidang promosi yang telah dilakukan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yuliana, Indah and Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | Potongan Harga; Keputusan Pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:14 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:14 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56420 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |