Hakim, Elvis Lukman (2002) Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan: Studi kasus di Perusahaan Tabloid Hallo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
97260534.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era globalisasi informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, meskipun kini tidak banyak lagi businessmen yang menggebu- gebu untuk turun ke dunia bisnis ini, semakin banyak pengusaha yang terjun kebisnis ini semakin ketat pula persaingan yang ada. Dalam menjalankan usahanya Perusahaan Tabloid Hallo Malang menghapi beberapa masalah yaitu bagaimana menentukan strategi pemasaran yang efektif dalam upaya meningkatkan daya jualnya. Penggunaan manajemen strategi yang tepat akan membantu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya dalam meraih keuntungan semaksimal mungkin, hanya saja perlu di catat bahwa persaingan perusahaan pers sangat ketat perusahaan tanpa modal dan manajemen yang baik akan tersingkir dan collaps. Berubah-ubahnya pola pikir masyarakat dalam membeli suatu produk menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan kehilangan pasarnya.
Masalah yang dihadapi oleh perusahaan Tabloid Hallo Malang adalah terus menurunnya volume penjualan selama tiga periode berturut-turut hal ini di karenakan strategi pemasarannya yang belum tepat.
Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian diskriprtif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk melakukan pengukuran yang cermat dan sistematis pada pereistiwa tertentu dengan cara menafsirkan data yang ada, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap fenomena yang ada, dengan mengembangkasn konsep dan menghimpun fakta tetapi tidak melakukan hipotesa. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan pada obyek penelitian. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal, analisis yang mengidentifikasikan peluang dan ancaman yang nyata serta mengetahui lingkungan internal perusahaan, Analisis lingkungan ekstemal membatasi pada peluang yang ada, analisis SWOT analisis yang membandingkan antara faktor internal dan ekstemal.
Tanpa memperhatikan peluang dan ancaman yang ada Perusahaan Tabloid Hallo Malang akan terus mengalami penurunan volume penjualanya. Penggunaan strategi yang diterapkan oleh pihak manajemen Tabloid Hallo Malang adalah strategi pengikut pasar padahal dengan kekuatan yang dimiliki seharusnya perusahaan memakai strategi penentang pasar dan strategi pertumbuhan akhir sebagai solusi yang ada, pengambilan kebijakan yang di sesuaikan dengan kondisi intem dan ekstem. Dengan melihat posisi perusahaan melalui analisis intem dan ekstem perusahaan akan dapat meningkatkan volume penjualannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | strategi pemasaran; volume penjualan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56411 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |