Siswinarko, Narko (2006) Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar guna meningkatkan omzet penjualan: Studi kasus Unit Kerajinan Genteng KUD Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
01220001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang berorientasi pada keuntungan (profile oriented) demikian pula dengan KUD Pakis Malang dengan tujuan usahanya untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, disamping itu jaga demi kelangsungan lembaga maka sedikit banyak untuk meriingkatkan keuntungan (profile). Hal tersebut tidak terlepas dari peran aktif dari manajer pemasaran. fungsi dari manajemen pemasaran sangatlah urgen keberadaannya. Dimana fungsi manajemen tersebut sebagai fasilitator antara produsen dengan konsumen (customer).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang diterapkan KUD Pakis Malang pada unit kerajinan genteng serta strategi-strategi pemasaran yang digunakan selama ini guna meningkatkan omzet penjualan. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan menurut apa adanya. Dalam proses pengambilan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Dan untuk menganalisis data yang didapat, menggunakan alat anal isis Iingkungan intemal-ekstemal atau SWOT untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan serta memperoleh pemecahan masalah dengan mempertimbangkan altematif-altematif dari hasil analisis SWOT.
Dan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pemasaran yang dilakukan KUD Pakis Malang pada unit genteng selama ini, melakukan penjualan langsung kepada konsumen maupun memasarkan produk gentengnya ke berbagai daerah di luar wilayah Pakis. Sosialisasi produk kepada anggota maupun masyarakat luas dengan menggunakan brosur. Dalam proses pemasaran tentunya menggunakan strategi pemasaran dalam hal ini KUD Pakis Malang khususnya unit kerajinan genteng menekankan pada kualitas produk dan kualitas pelayanan, dari strategi yang selama ini diterapkan mampu meningkatkan omzet penjualan selama lima periode terakhir yang telah peneliti dapatkan yaitu pada tahun 2000 omzet penjualan 37.628.400 sampai tahun 2004 mencapai 63.886.715. Dari hal tersebut dan dari hasil analisis yang telah dilakukan KUD Pakis Malang pada unit kerajinan genteng mengalami (Growth) pertumbuhan melalui integrasi vertikal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur |
Keywords: | strategi pemasaran; persaingan pasar; omzet penjualan; |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 09:11 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 09:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56401 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |