Maryati, Sri (2004) Analisis Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada Lembaga Pendidikan Akademi Sekretari dan Manajemen 01 Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99220208.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sumber daya manusia merupakan unsur yang penting dalam suatu organisasi. Oleh karena itu, suatu lembaga atau perusahaan harus mampu mengetahui apa yang menjadi keinginan dan harapan karyawan. Salah satu cara untuk mengetahui apa yang diinginkan karyawan adalah dengan mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan.
Pada dasarnya kepuasan kerja karyawan merupakan hal yang bersifat individual. Setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan kerja yang berbeda- beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya. Semakin banyak aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja yang dirasakan.
Dengan melihat hasil pengolahan data dan menggabungkan dengan teori- teori kepuasan yang ada terutama kesimpulan dari teori Caugemi da Claypoll, maka ada empat faktor utama yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan yaitu : faktor sosial, posikologi, fisik, dan finansial. Faktor-faktor tersebut diuraikan dalam 16 variabel pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Data yang didapat dalam penyebaran kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan progrm SPSS (Statiscal Program for Social Sciuence) for Windows, menghasilkan enam komponen utama yang merupakan kombinasi variabel dari setiap faktor kepuasan kerja. Adapun nilai setiap komponen adalah sebagai berikut:
1 Komponen I (Komponen Interaksi) : 13.4400
2. Komponen II ( Komponen Motivator) : 109230
3 Komponen III (Komponen Penunjang) ٥ /٥10.209 -
4. Komponen IV (Komponen Kesejahteraan) ٥ /٠10.081 :
5. Komponen V (Komponen Lingkungan) 9.506 %
6. Komponen VI (Komponen Personalia) : 91570
Dari perhitungan diatas dapat kita lihat bahwa komponen I atau komponen interaksi memberikan informasi tertinggi mengenai kepuasan kerja karyawan atau dapat dikatakan komponen interaksi paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di Lembaga Pendidikan Akademi Sekretari dan Manjemen Mataram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Kepuasan Kerja Karyawan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 13:42 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 13:42 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56342 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |