Samhali, Samhali (2001) Strategi promosi simpanan Mudharabah dengan sistem bagi hasil di Koperasi Serba Usaha BMT Mitra Sarana Gadang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
97260590.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
BMT adalah suatu lembaga yang d, dalamnya mencakup dua jenis kegiatan sekaligus, yaitu: mengumpulkan dana dari berbagai sumber seperti zakat, infak, dan sodaqoh, serta kegiatan produktif dalam rangka menciptakan nilai tambah baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang bersumber daya manusia. Berkaitan dengan judul skripsi ini: “Strategi Promosi Simpanan Mudharabah Dengan Sistem Bagi Hasil di Koperasi Serba Usaha BMT Mitra Sarana Gadang”, diharapkan mengetahui secara jelas tentang strategi promosi dan proses perencanaan serta realisasi program promosi yang dilakukan oleh BMT dalam mempromosikan simpanan mudharabah dengan sistem bagi hasil kepada masyarakat.
Untuk mencapai tujuan tersebut, ditempuh dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk membangun pengetahuan umum melalui pengamatan terhadap fakta-fakta alami yang terjadi di lapangan. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, questioner, dan dokumentasi. Data hasil penelitian di analisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh BMT Mitra Sarana Gadang dalam periklanan dengan menerbitkan buletin dan menyebarkan brosur simpanan mudharabah, promosi penjualan dengan memberikan kalender kepada masyarakat dan memberikan bonus kepada tim/Kabag pemasaran, hubungan masyarakat dengan melakukan home kisir ke rumah-rumah, mendatangi kelompok-kelompok usaha, mendatangi kelompok- kelompok masyarakat, sedangkan penjualan pribadi dengan memberikan insentif.
Adapun proses perencanaan dan realisasi program promosi simpanan mudharabah dilakukan oleh BMT Mitra Sarana Gadang dengan membentuk tim/Kabag pemasaran simpanan mudharabah pada minggu I. Tim/Kabag pemasaran menentukan proses komunikasi simpanan mudharabah, mengidentifikasi khalayak sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan simpanan mudharabah, memilih saluran komunikasi, menetapkan anggaran promosi, menentukan bauran promosi, menentukan waktu promosi, dan merencanakan target yang akan dicapai. Pada minggu II timZKabag pemasaran merealisasikan program promosi yang telah disusun. Minggu III dan IV melihat respon masyarakat dan yang terakhir timZKabag pemasaran melihat hasil yang dicapai dengan melakukan evaluasi akhir.
Sebagai upaya lebih lanjut ada beberapa saran khusus kepada BMT Mitra Sarana Gadang, yaitu: BMT harus membentuk timZKabag pemasaran yang berdiri sendiri, lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada calon nasabahZnasabah, timZKabag pemasaran harus lebih tanggap dan kritis terhadap situasi dan kondisi khalayak sasaran, dan BMT harus mulai mengembangkan sayapnya dalam mempromosikan produk yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail |
Keywords: | strategi promosi; mudharabah; sistem bagi hasil |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 13:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 13:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56336 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |