Amalia, Aulia Diyah (2004) Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap Bank Syari’ah di Desa Kaumrejo Kec. Ngantang Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00220037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada dasarnya untuk pengembangan jaringan perbankan syariah diperlukan adanya upaya-upaya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai produk, mekanisme dan sistem yang digunakan serta diperlukan adanya data informasi yang lengkap dan akurat yang menggambarkan potensi bank syariah. Potensi yang dimaksud dapat dipandang dari segi minat masyarakat terhadap produk dan jasa bank syariah. Minat masyarakat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan bauran pemasaran. Begitu juga dengan minat masyarakat terhadap produk dan jasa bank syariah juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan batrran pemasaran.
Tujuan penelitian ini adalah unttrk mengatahui dan mengidentifikasi faktor- faktor yang menentukan minat masyarakat terhadap bank syariah serta untuk mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor tersebut dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas alat instrumen dan analisis faktor yang dilakukan melalui tahap- tahap (1) Deskriptif data (2) uji interdependensi, (3) Ekstraksi Faktor, (4) Faktor sebelum rotasi, (5) Rotasi faktor, (6) ززلا validitasdan reliabilitas model faktor. Tujuan digunakan alat analisis ini adalah untuk membangkitkan beberapa variabel yang lebih dominan dari variabel asal.
Hasil uji validitas dan relibilitas alat instiume dikatahui bahwa alat instruemn dinyatakan valid dan reliabel dengan hasil Alpha Cronbach sebesar 0.7424 dimana nilai tersebut diatas 0,6 maka reliabilitas alat instrumen dinyatakan valid. Hasil akhir dari analisis ini menyisakan 9 variabel yang terbagi dalam 4 faktor yang memiliki nilai faktor loading antara 0,423 hingga 0,750, yaitu Faktor kesatu meliputi: Larangan agama terhadap riba (XI1), sistem bagi hasil yang sesuai syariah (X12), kebutuhan masyarakat terhadap bank syariah (X23), Pengaruh tokoh masyarakat (X31) dengan koefisien reliabilitasnya 0,903. Sedangkan Faktor kedua memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,721 yang meliputi pengaruh iklan di TV (X51), Pengaruh teman atau keluarga (X52), dan pengaruh brosur (X53). Kemudian untuk Faktor ketiga meliputi lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat dengan (X61) koefisien reliabilitasnya sebesar 0,633. dan faktor kekempat yaitu perbedaan tingkat bagi hasil dengan tingkat bunga (X71) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,734.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Fahrudin, A. |
Keywords: | Minat Masyarakat; Bank Syari'ah |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 13:42 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 13:42 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56331 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |