Responsive Banner

Upaya peningkatan kesadaran masyarakat Petani terhadap pendidikan formal: Studi kasus di Desa Argotirto Kec. Sumbermanjing Wetan Kab. Malang

‘Aini, Lilis Nur (2005) Upaya peningkatan kesadaran masyarakat Petani terhadap pendidikan formal: Studi kasus di Desa Argotirto Kec. Sumbermanjing Wetan Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
01110283.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Dalam masyarakat yang dinamis pendidikan memegang peranan yang sangat menentukan terhadap eksistensi dan perkembangan masyarakat, karena pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peran pokok dalam membentuk generasi masa mendatang. Dalam pendidikan diharapkan dapat dihasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Selain itu masyarakat merupakan pelaku utama bagi pembangunan, maka diperlukan kualitas siberdaya manusia yang potensial, sehingga masyarakat dapat bergerak pada pembangunan untuk menuju cita-cita rakyat Indonesia,dalam pelaksanaannya pendidikan juga merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menanamkan nilai dan spiritual maupun keterampilan anak- anaknya. Karena tiap pribadi manusia selalu berada dan mengalami perkembangan pada ketiga lembaga tersebut (keluarga, sekolah, dan masyarakat).

Fokus dari studi ini adalah mencari data informan tentang kesadasaran masyarakat petani di desa Argotirto kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang terhadap pendidikan formal, yang dijabarkan dalam rumusan masalah sebagai berikut: (1) Mengapa tingkat kesadaran masyarakat petani di desa Argotirto Kecamatan Sibermanjing Wetan terhadap pendidikan formal masih rendah? (2) Upaya-upaya apa yang telah dan sedang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat petani terhadap pendidikan formal?

Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif.

Dari analisis data di lapangan dapat diperoleh temuan bahwa: (1) tingkat kesadaran masyarakat desa Argotirto kecamatan Sibermanjing Wetan terhadap pendidikan formal masih kurang perduli, mereka masih menganggap pendidikan yang lebih tinggi tidak menjamin masadepan cerah bagi kehidupan anak-anak mereka, ini terbukti dari ketidak seriusan mereka mengontrol anak-anak mereka dalam belajar dan anak-anak usia sekolah yang banyak sudah bekerja keluar negri padahal orang tua mereka mampu untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi, dan (2) Adapun Upaya yang telah dan sedang dilakukan pemerintah setempat untuk meningkatka kesadaran masyarakat terhadap pendidikan formal adalah dengan sudah diadakannya kegiatan kejar paket A dan kejar paket B bagi penduduk yang putus sekolah dan juga memberikan beasiswa bagi murid-murid yang kurang mampu dan juga pada tahun ini pemerintah setempat merencanakan akan menambah lembaga sekolah yaitu SLTA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Murni, Wahid
Keywords: Kesadaran; Pendidikan Formal
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 25 Aug 2023 14:06
Last Modified: 25 Aug 2023 14:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56095

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item