Hermawati, Anita Putri (2005) Metode pendidikan Islam dalam perspektif Hasan Al-Banna. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
01110022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan pendidikan maka potensi yang ada dalam diri manusia dapat berdayaguna semaksimal mungkin yang pada akhirnya berimplikasi pada perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
Dalam pelaksanaaannya, pendidikan tidak akan pemah bisa berjalan tanpa adanya komponen-komponen yang menyertainya. Dan salah satu komponen yang sangat penting adalah penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Metode merupakan jalan yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Namun, penggunaan metode pendidikan yang ada selama ini ternyata masih banyak yang berkisar pada penyampaian materi saja tanpa memperhatikan berpengaruh tidaknya metode itu terhadap potensi tri matra (akal, jasmani dan ruh) yang dimiliki anak didik sebagai anugerah Allah yang luar biasa.
Hasan Al-Banna sebagai seorang tokoh pendidikan mencoba menghadirkan metode pendidikan yang sangat memperhatikan ketiga potensi yang dimiliki manusia tersebut. Oleh sebab itulah metode yang beliau gunakan terperinci dalam beberapa aspek pendidikan yaitu metode pendidikan aqidah, metode pendidikan moral, metode pendidikan spiritual, metode pendidikan sosial, metode pendidikan jasmani dan metode pendidikan intelektual.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengambil judul ٤٤ Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Hasan Al-Banna “, dengan rumusan masalah yaitu: bagaimanakah metode pendidikan Islam dalam perspektif Hasan Al-Banna yang meliputi metode pendidikan aqidah, metode pendidikan moral, metode pendidikan spiritual, metode pendidikan sosial, metode pendidikan jasmani dan metode pendidikan intelektual ؟
Penelitian ini untuk mengetahui metode pendidikan Isiam dalam sudut pandang Hasan Al-Banna. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif yang sifatnya tekstual dan konteks yaitu berupa statmen dan pernyataan- pernyataan Hasan Al-Banna terkait dengan pendidikan Islam. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan library research yakni tehnik dokumenter yang dikumpulkan dari buku-buku, majalah, artikel dan lain-lain. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diketahu bahwa metode pendidikan yang digunakan oleh Hasan Al-Banna selama ini memang senantiasa memperhatikan potensi yang ada dalam diri manusia. Hal ini terbukti dari metode-metode yang diterapkan tersebut terperinci dalam beberapa aspek pendidikan yaitu aqidah, moral, spiritual, social, jasmani dan intelektual. Dan yang lebih penting lagi metode-metode itu tidak pernah terlepas dari tata aturan islam yang terkandung dalam A!-Qur’an dan As-Sunnah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo |
Keywords: | Metode; Pendidikan Islam; Hasan Al-Banna |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 14:05 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 14:05 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56067 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |