Anam, Syaiful (2005) Peranan pendidikan Agama Islam dalam merehabilitasi kenakalan remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
00110179.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan bimbingan secara sadar dan terus menerus yang sesuai dengan kemampuan dasar (fitrah) dan kemampuan ajarannya secara individual maupun kelompok sehingga manusia mampu memahaminya, menghayati dan mengamalkan ajaran islam secara utuh dan benar.
Dalam skripsi ini penulis membahas tentang peranan Pendidikan Agama Islam dalam merehabilitasi kenakalan remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Mengingat pada akhir-akhir ini masalah kenakalan remaja semakin lama semakin meresahkan masyarakat, khususnya masalah prilaku moral yang terjadi pada kalangan remaja kita. Tingkah laku remaja ini dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan diantaranya media cetak dan elektronika yang pengaruh negatifnya menimbulkan kerusakan moral remaja kita. Sehingga dengan keadaan yang seperti ini sangatlah memprihatinkan bagi remaja dimana mereka merupakan harapan orang tua dan harapan bangsa.
Dalam skripsi ini, yang menjadi masalah adalah bentuk-bentuk kenakalan remaja dan faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Sehingga dengan adanya permasalahan tersebut, maka tujuan penulis adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja dan faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar.
Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan metode induktif dan metode deduktif. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang telah diperoleh dari hasil penelitian dibahas dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif dan tidak diolah dalam bentuk bilangan statistik. Penggunaan metode tersebut diharapkan dapat mengungkap permasalahan yang terjadi sekaligus menjadi tolak ukur dalam penyusunan skripsi ini.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar adalah pelanggaran ketertiban, kesusilaan, penculikan, pembunuhan, penganiayaan, pencurian, penggelapan, perampokan, penadahan, dan penipuan. Sedangkan faktor penyebabnya adalah faktor lingkungan, ekonomi, broken home atau perpecahan dan kurang perhatian dari orang tua. Adapun peranan Pendidikan Agama Islam dalam merehabilitasi kenakalan remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar adalah melalui pendidikan formal dan non formal dengan mengajarkan tauhid untuk mengenalkan kepada Tuhannya, akhlak dan budi pekerti, fiqih mengenai halal dan haram serta sholat berjama'ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Peranan PAI; Kenakalan Remaja |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 11:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 11:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56019 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |