Navisah, Ilviatun (2016) Pendidikan karakter dalam keluarga: Studi kasus orang tua siswa sekolah dasar Brawijaya smart school Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14760040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi seorang anak karena tugasnya meletakan dasar-dasar pertama bagi perkembangan anak sebelum mereka berada di lingkungan yang lebih luas. Di dalam keluarga, anak lahir, tumbuh dan berkembang serta pertama kali mengenal orang lain melalui hubungan dengan orang tuanya, Keluarga siswa pada Sekolah Dasar Brawijaya Smart School merupakan keluarga yang memiliki latar belakang berbeda-beda sehingga dari latar belakang ini munculah karakter yang berbeda pula pada diri seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter dalam keluarga siswa di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang, dengan sub fokus mencakup: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter 2) Metode Pendidikan Karakter (3) Implikasi metode terhadap karakter anak, yang dilakukan oleh keluarga siswa di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Disamping itu dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu keluarga terutama orang tua, guru, wali kelas dan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan meliputi: Religius, mandiri, tanggung jawab, kebersihan atau peduli lingkungan, jujur, disiplin, saling menyayangi, patuh atau hormat dan gemar membaca . (2) Metode penanaman nilai-nilai karakter meliputi metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat dan motivasi, metode cerita dan metode hukuman. (3) Meskipun dalam penanaman nilai-nilai karakter dalam diri seorang anak memiliki persamaan akan tetapi dampak yang ditimbulkan berbeda. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa nilai-nilai karakter yang ditanaman dan tidak hanya cukup dengan menggunakan satu metode saja, akan tetapi perlu ditambah dengan menggunakan metode lain sebagai pendukung.
ENGLISH:
The family is the first and main environment for a child because of his duties put the first foundation for the development of children before they are in a boarder environment within the family, the child was born, grown and developed as well as the first to know others through relationship with parents, the students family at Brawijaya Smart School Elementary School has a different background so that from this background any different characters in a child. This study aims to reveal character education in families of students at Brawijaya Smart School Elementary School, with sub focus include: (1) The values of Character Education.(2) Character Education Method (3) the implications of the methods against the character of the child, carried out by families of students at Brawijaya Smart School Elementary School.
This research used the qualitative approach with case studies. Data collection is done with the interview techniques, observation and documentation. Data analysis techniques include the reduction of the data, the presentation of the data and the withdrawal of the conclusion. Checking the validity of findings using the test of credibility, transferability, extension of triangulation techniques using of a variety of resource, the theory and methods of observation and diligence. Informant research families especially parents, teachers, home teacher and the students.
The research results showed that: (1) Values Character Education that is embedded include: Religious, independent, responsibility, hygiene or care environment, truthful, disciplined, obedient, loving each other or respect and an avid reader. (2) The method cultivation of the character values that are embedded include conditioning method, give example or modeling, giving advice and motivation, telling stories and punishment. (3) Although the cultivation of the character values in a child has similarities but the impact posed differently. That is because there are several character values and not just simply by using a single method, but need to be augmented by using other methods as supporter.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan karakter; Keluarga; Character Education; Family | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2017 11:37 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2017 11:37 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |