Qomariyah, Hidayatul (2016) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technologiy (ICT) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA kelas 4 MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14760037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media belajar berbasis ICT terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas 4 di MI Mitakhul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. 2) Pengaruh penggunaan media belajar berbasis ICT terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 di MI Mitakhul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang.
Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran dengan menggunakan media ICT (macromedia flash) untuk kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional untuk kelompok kontrol, metode yang digunakan adalah demonstrasi. Setelah dilakukan proses pembelajaran hasil belajar siswa diukur dengan tes, sedangkan motivasi siswa diukur dengan menggunakan angket.
Hasil analisis penelitian pada bab sumber daya alam uji wilcoxon dapat diketahui bahwa rata-rata yang diperoleh pada pre-test kelas eksperimen yaitu 65.89 dan rata-rata pre-test pada kelas kontrol yaitu 62.22, dan setelah diberikan perlakuan hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 86.58 sedangkan hasil post-test pada kelas kontrol sebesar 77.55. peningkatan yang terjadi antara pre-test eksperimen dengan post-test eksperimen 20.69 dan peningkatan yang terjadi antara pre-test kelas kontrol dengan post-test kelas kontrol sebesar 15.33. Nilai pada kelas eksperimen nilai minimum sebesar 48 dan nilai maksimum 76. Nilai pre-test pada kelas kontrol nilai minimum 44 dan nilai maksimum 76. Nilai post-test pada kelas eksperimen dengan nilai minimum sebesar 76 dan nilai maksimum 100, sedangkan nilai post-test pada kelas kontrol dengan nilai minimum sebesar 68 dan nilai maksimum sebesar 88. Hasil observasi motivasi sebelum diberikan penerapan media pembelajaran berbasis ICT tampak bahwa aspek motivasi memiliki minat dengan persentase keberhasilan sebesar 4,67% perhatian dengan persentase keberhasilan sebesar 5,19% konsentrasi dengan persentasi keberhasilan 3,87% ketekunan dengan persentase keberhasilan sebesar 5,09%. Dari data diatas dapat diperoleh rata-rata 17,32% dan taraf keberhasilan yang dicapai adalah tidak tuntas. Dan setelah diperlakukan tampak bahwa aspek motivasi belajar siswa memiliki minat dengan persentase keberhasilan sebesar 7,58% perhatian dengan persentase keberhasilan sebesar 8,32% konsentrasi dengan persentase keberhasilan sebesar 5,80% ketekunan dengan persentase keberhasilan sebesar 9,96% Dari data diatas maka dapat diperoleh rata-rata 31,66%.
ENGLISH:
The purpose of this study was to determine: 1) the effect of the use of ICT-based learning media on motivation to learn science 4th grade students in MI Distance Kulon Jogoroto Mitakhul Ulum Jombang. 2) The effect of the use of ICT-based learning media to the learning outcomes fourth grade science students in MI Distance Kulon Jogoroto Mitakhul Ulum Jombang.
The research was done by providing learning using ICT media (Macromedia Flash) for the experimental group and conventional learning to the control group, the method used was a demonstration. After the learning process of student learning outcomes measured by the test, while the student's motivation was measured using a questionnaire.
The results of the analysis in the chapter on natural resources Wilcoxon test showed that the average obtained in the pre-test experimental class is 65.89, and the average pre-test the control class is 62.22, and after being given the treatment results of post-test on the experimental class amounting to 86.58 while the post-test results in the control class is 77.55. improvement occurring between the pre-test to post-test experiments 20.69 experimentation and improvement occurring between the pre-test grade control with post-test control class is 15.33. The value of the experimental class a minimum value of 48 and a maximum value of 76. The value of pre-test the control class minimum value of 44 and a maximum value of 76. The value of the post-test on the experimental class with a minimum value of 76 and a maximum value of 100, while the value of post-test the control class with a minimum value of 68 and a maximum value of 88. the observations of motivation before being given the application of ICT-based learning media seem that aspect of motivation has an interest in the success percentage of 4.67% attention to the success percentage of 5.19% concentration as a percentage 3.87% success persistence with success percentage of 5.09%. From the above data can be obtained an average of 17.32% and the level of success achieved is not complete. And after being treated it appears that aspects of students' motivation to have an interest in the success percentage of 7.58% attention to the success percentage of 8.32% concentration with a success percentage of 5.80% persistence with success percentage of 9.96% From the data above, can be obtained an average of 31.66%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Utami, Ulfah and Suhartono, Suhartono | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran; Motivasi dan Hasil Belajar; Use of Media Education; Motivation and Learning Outcomes | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2017 11:37 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2017 11:37 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5597 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |