Jannah, Roudotul (2007) Perkembangan kurikulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang sejak tahun 1994 sampai tahun 2006. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di dunia pendidikan, kurikulum merupakan unsur penting dalam setiap bentuk dan model manapun. Tanpa adanya kurikulum, sulit rasanya perencana pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang diselenggarakan. Mengingat pentingnya peran kurikulum, maka kurikulum perlu dipahami dengan baik oleh semua pelaksana kurikulum.
Perubahan dan perkembangan kurikulum tahun 1994 sampai kurikulum tahun 2007 menunjukkan kuatnya anggapan bahwa kegagalan penyelenggara pendidikan di Indonesia hanya disebabkan oleh kesalahan rancangan kurikulum. Anggapan seperti itu telah mengabaikan faktor-faktor lain yang juga ikut mempengaruhi kegagalan itu sendiri. Beberapa faktor yang dimaksud adalah kompetensi guru dalam melaksanakan kurikulum; ketidaktersediaan sarana dan prasarana sekolah; kurangnya keterlibatan stakeholder (pengguna lulusan); tidak terciptanya kerjasama yang baik antara Perguruan Tinggi sebagai pencetak guru, pemerintah, dan sekolah; sistem evaluasi dan standarisasi nasional dan daerah yang tidak akurat; serta ketidakjelasan arah model pendidikan yang diselenggarakan.
Perkembangan kurikulum dari tahun 1994 sampai tahun 2007 merupakan hal penting yang ingin diamati penulis sebagai bahan pengetahuan untuk mengetahui pelaksanaan perkembangan kurikulum di Indonesia pada umumnya dan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas pada khususnya serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum tersebut.
Untuk mencapai tujuan diatas, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Kehadiran peneliti adalah sebagai seorang pengamat secara penuh. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan tiga metode yakni interview, observasi, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini penulis, menggunakan teknik analisis data dengan tiga tahapan yakni identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan trianggulasi. Sedangkan teknik penelitiannya menggunakan purposive sample. Adapun tahap-tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan, dan tahap analisis data serta tahap penulisan hasil laporan penelitian.
Dari hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang sejak tahun 1994 sampai tahun 2006 sudah melaksanakan kurikulum nasional dan kurikulum muatan lokal; 2. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan perkembangan kurikulum tersebut adalah struktur organisasi yang signifikan dan kerjasama dari berbagai pihak, sedangkan faktor yang menghambat antara lain adalah: a. Faktor intern pribadi guru yang tidak menerapkan muhaddatsah (percakapan) bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari; b. Faktor ekstern yaitu meliputi: keterbatasan sarana prasarana, lingkungan Madrasah untuk melakukan muhaddatsah (percakapan), dan minat siswa pada pembelajaran bahasa arab. Penelitian skripsi ini dilakukan dengan harapan semoga menjadi bahan tambahan referensi yang bermanfaat kelak untuk semua pelaksana kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi |
Keywords: | Perkembangan; Kurikulum |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 11:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 11:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55965 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |