Qomariyah, Siti (2006) Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: Studi kasus di SMP Negeri 1 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02110087.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar mengajar siswa yang memegang peran yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, karena hakikat perpustakaan sekolah adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya.
Bertitik tolak dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sis١va”, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan di perpustakaan, prestasi belajar siswa yang memanfaatkan layanan perpustakaan dan peran perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapun dalam mengumpukan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter. Setelah data terkumpul, penulis menganalisis dengan menggunakan analisa diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa sistem pelayanan perpustakaan menggunakan sistem terbuka (langsung), dimana siswa, guru dan pegawai yang meminjam buku-buku perpustakaan adalah dengan mengambil sendiri kemudian diberikan kepada petugas untuk diproses, baru buku
dapat dipinjam.
Sedangkan prestasi belajar siswa yang memanfaatkan layanan perpustakaan mengalami peningkatan terutama dalam pelajaran pengetahuan umum karena dalam penyediaan buku yang ada di perpustakaan kebanyakan pada mata pelajaran umum.
Adapun peran perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah cukup bagus yaitu dengan menambah pengetahuan dan pengalaman siswa dalam proses belajar mengajar sehingga tidak ketinggalan berita dan prestasi yang diraih mengalami peningkatan.
Akhirnya penulis mengharapkan pada guru dan petugas perpustakaan agar melakukan upaya-upaya yang tepat dalam mengelola perpustakaan sehingga siswa mempunyai kesadaran yang tinggi untuk ikut memfungsikan perpustakaan demi terlaksananya peran perpustakaan dalam meningkatkan presatsi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul |
Keywords: | Peran Perpustakaan; Prestasi Belajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:36 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55907 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |