Nurkhotimah, Masruroin (2004) Upaya Guru Agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00110201.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru agama adalah seseorang yang mendidik dan mengajarkan aga.na Islam dengan membimbing atau menuntun, memberi tauladan dan membantu mengantarkan siswa kearah kedewasaan jasmani dan rohani. Kebcradan guru agama sebagai penyampai materi yang sarat dengan nilai-nilai religi diharapkan tidak hanya mampu memberikan materi secara verbal tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai islami dengan memberikan nasehat dan membimbing siswa untuk selalu taat kepada Allah, Rasul, orang tua , guru, sesama manusia dan cinta kepada alam semesta. Terlebih guru agama di Madrasah Aliyah untuk lebih berupaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Pembahasan skripsi ini berangkat dari dua masalah pokok yaitu ; (1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan (2) upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian tentang kedua hal ini adalah untuk mengetahui sejauhmana upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikun agama Islam sebagai amanahnya.
Untuk mengungkap mengenai keduanya, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi dengan responden guru agama yang berjumlah empat orang. Mengambil obyek penelitian di Madrasah Aliyah negeri Kandangan kabupaten kediri. Kemudian dalam memaparkan datanya penulis menggunakan analisis deskriptif kualiatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam berpedoman pada draf kurikulum Departemen Agama. Proses belajar mengajar disesuaikan dengan jadwal dari sekolah, sarana penunjang yang dipakai mushalla dan perpustakaan dengan memanfaatkan al- Qur’an dan Tafsir sebagai media. Untuk selanjudnya guru agama meningkatkan prestasi belajar siswa dengan meningkatkan kualitas materi, mengadakan kegiatan ekstra kurikuler keagamaan, memanfaatkan sarana penunjang, mengembangkan suasana proses belajar mengajar inovtif, kreatif dan dinamik, meningkatkan kualitas belajar siswa, menerapkan metode bervariasi dan mengadakan evaluasi secara berkala.
Setelah diadakan upaya peningkatan itu prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kandangan kabupaten kediri mengalami kenaikan. Dibuktikai dengan perolehan data dimana rata- rata nilai raport siswa dalam kurun tiga tahun yang menjadi kajian penulis semakin membaik. Tahun pertama rata- rata nilainya 6,74 kemudian pada tahun kedua nilainya 7,06 dan pada tahun ketiga mencapai 7 1. Meski kenaikan ini tidak tergolong tinggi tetapi cukup stabil.
Dara beberapa uraian di atas, menulis memberi saran supaya guru agama dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswa dengan melakukan penelitian tindakan kelas, mengadakan evaluasi bersama orang tua siswa sebagai pendidik dirumah dan mengambil penilaian terhadap pendidikan agama Islam tidak hanya dari segi afektif dan kognitif siswa tetapi juga mengambil penilaian dari segi psikomotor atau perilaku keseharian siswa, sehingga pelaksanaan pendidikan agama Islam dapat meliputi bergagai aspek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djumransyah, Djumransyah |
Keywords: | Upaya Guru Agama; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55890 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |