Dwiyanti, Yuni (2004) Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00110193.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang didalamnya terdapat suatu proses aktivitas yang melibatkan beberapa orang dengan menggunakan fasilitas dan sarana guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adapun orang- orang yang terlibat di dalamnya adalah kepala sekolah beserta stafnya-stafnya, baik tenaga pengajar maupun tenaga administratif lainnya. Kepala madrasah berfungsi sebagai administrator dan supervisor. Sebagai Administrator, kepala madrasah bertugas dan bertanggungjawab terhadap kemajuan lembaga, baik mengenai program pendidikan, pengelolaan kesiswaan, kepengajaran, keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta pengelolaan hubungan madrasah dengan masyarakat. Sedangkan sebagai Supervisor, kepala madrasah bertanggung jawab untuk membantu dan membimbing guru dalam meningkatkan keprofesionalan dan kompetensi guru demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah.
Dari uraian di atas, maka dalam skripsi ini penulis mengambil judul:
،،Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MAN Trenggalek. Dari sini penulis merumuskan permasalahan yang perlu dikaji, yaitu: Bagaimana tipe kepemimpinan kepala madrasah, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala madrasah, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Untuk memperoleh data tentang di atas, dalam skripisi ini penulis menggunakan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN Trenggalek, disamping juga terdapat faktor-faktor lain yang ikut mendukung terhadap kelancaran dan keberhasilan program pendidikannya seperti guru, siswa, staf administrasi, dan sebagainya sehingga keberhasilan yang ingin di capai dapat berhasil, walaupun masih terdapat kurang kesempurnaan di dalamnya. Untuk itu, perlu adanya peningkatan dalam kegiatan administrasi dan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah, agar hasil yang akan dicapai sebagaimana yang tertuang dalam tujuan pendidikan dapat terwujud dengan baik. Terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai supervisor perlu ditingkatkan agar tenaga pengajar yang ada dapat lebih meningkatkan tenaga edukatif dan kompetensinya sebagai seorang pengajar dan pendidik demi meningkatnya kualitas pendidikan di Madrasah.
Oleh sebab itu, out put Madrasah dapat bersaing dalam dunia pekerjaan maupun dalam memasuki Perguruan Tingg. Hal-hal seperti inilah yang sangat diharapkan oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ghofir, Abdul |
Keywords: | Peran Kepala Madrasah; Kualitas Pendidikan; MAN Trenggalek |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55886 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |