Mu'afiyah, Evi (2003) Nilai Guna Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di MTs Negeri Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99110706.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam rangka mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, peran Pendidikan Agama Islam sangatlah mutlak untuk dijalankan baik dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Mengingat terbatasnya alokasi waktu yang disediakan oleh sekolah itu sendiri, maka seorang guru pendidikan Agama Islam dituntut untuk lebih mengefisienkan waktu dalam mengajar agar mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu bentuk efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pendidikana Agama Islam disekolah yaitu dengan cara menggunakan media dan metode yang tepat sebagai sarana dalam mengajar.
Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Situbondo dengan judul Nilai Guna Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Situbondo. Adapun tujuan dari pembahasan diatas adalah untuk mengetahui bagaimanakah gambaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dengan mempergunakan media, media apa saja yang dipakai oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam.
Adapun metode penelitian yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode penelitian diskriptif kuantitatif. Sedangkan Pendekatan yang dilakukan untuk menghadapi hal tersebut diatas, maka penulis menggtmakan dua pendekatan yaitu Pendekatan Teoritis dan Pendekatan Empiris. Pada Pendekatan Teoritis penulis sajikan pada Bab I tentang Pendahuluan, Bab II tentang Kajian Teoritik. Sedangkan Pendekatan Empiris penulis sajikan pada Bab III yaitu tentang Laporan Penelitian dan dilengkapi dengan penyajian dan Analisis Data. Kemudian dilanjutkan dengan Kesimpulan dan Saran pada Bab ke IV sebagai kesimpulan dan saran
Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis gunakan beberapa metode, yaitu Metode Observasi, Metode Interview, Metode Angket (Questioner) dan Metode Dokumenter. Kemudian data yang telah terkumpul maka penulis akan menganalisis dengan menggunakan tekhnik Analisis Diskriptif Kuantitatif.
Dari hasil pembahasan diatas dapat penulis simpulkan bahwa: 1. Proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Situbondo dapat berjalan dengan baik dan lancar. Karena guru selalu memberi motivasi pada siswa untuk selalu mengikuti pelajaran maupun dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. 2. Guru Pendidikan Agama Islam dalam menjelaskan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mudah difahami oleh siswa, begitu juga dalam menggunakan metode mengajar sehingga siswa bersemangat untuk belajar. 3. Minat siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam ini cukup tinggi. Hal ini berdasarkan hasil dari angket yang penulis sebarkan kepada murid sebagai respoden. 4. Media pembelajaran sangat penting sebab sangat membantu guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi |
Keywords: | Nilai Guna Media Pembelajaran; Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:33 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:33 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55845 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |