Turrif'ah, Makhsushoh (2006) Pengaruh strategi Merchandising terhadap keputusan pembelian pada Bisnis Ritel Modern Matahari Hypermart Malang Town Square. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
02220063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar-belakangi oleh adanya tuntutan dunia bisnis di era globalisasi dan pasar bebas, yang menuntut adanya peningkatan kemampuan bersaing dalam segala sektor usaha, pasar memiliki potensi usaha yang harus dikembangkan, karena pasar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dimana ketergantungan masyarakat pada mekanisme pasar sangat tinggi baik dari sisi pedagang maupun pembeli. Hypermart adalah format pasar modem yang memiliki potensi yang sangat bagus, dimana perilku masyarakat Indonesia secara umum menyukai suasana belanja yang menyenangkan dan perilaku yang konsumtif sehingga Matahari Hypermart Malang Town Square hams lebih meningkatkan usahanya dengan memahami keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengamh strategi Merchandising terhadap keputusan pembelian, dan variabel Merchandising yang dominan terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dan jenis penelitian ini adalah survei, yang mengkaji pengaruh antar - variabel (XI) Pengadaan Barang, (X2) Penanganan Barang, (X3) Cara Penjualan, berpengamh terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Hypermart Malang Town Square (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample random, dimana jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden.instrumen penelitian ini bempa kuisioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi linear berganda serta regresi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengadaan Barang (XI), Penanganan Barang (X2), Cara Penjualan (X3), berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Hypermart Malang Town Square (Y) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,420 (42%) dan tingkat signifikansi 0,05 serta nilai F hitung sebesar 6.847. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah sebesar 0.151 atau 15,1%. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen Matahri Hypermart Malang Town Square (Y) yaitu Pengadaan Barang (XI), dengan angka koefisien regresi (B) sebesar 0,041 dan nilai t hitung sebesar 2,033. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel strategi Merchandising Pengadaan Barang (XI), Penanganan Barang (X2), Cara Penjualan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Hypermart Malang Town Square (Y). Oleh karena itu hendaknya Matahari Hypermart Malang Town Square memperhatikan ketiga variabel dari strategi Merchandising tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sajudinnoor, Sajudinnoor |
Keywords: | Strategi Merchandising; Keputusan pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55843 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |