S.W, Diah Rahmanita (2006) Analisis pelayanan terhadap kepuasan santri Ma'had Sunan Ampel Al Ali di UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
02220045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Melihat ma'had merupakan salah satu yang diunggulkan UIN Malang dalam perekrutan mahasiswa, maka perlu sesuatu yang unik yang membedakan antara ma'had Sunan Ampel Al-Ali dengan ma'had yang lain. Dan juga dalam mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang ihmiah-religius, sekahgus sebagai bentuk penguatan terhadap pembentukan lulusan UIN untuk "mencetak lulusan yang intelek profesional yang ulama' atau ulama' yang intelek profesional" maka perlu peningkatan kualitas ma'had dari tahun ke tahun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif inferensial. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel . Yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah pelayanan ma'had Sunan Ampel Al-Ali (terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung). Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan ( terdiri dari persepsi dan harapan santri). Dengan menggunkan rumus slovin, populasi yang berjumlah 1160 dapat diperoleh sampel berjumlah 93 responden yang diambil dari tiap mabna. Dan pengambilan sampel menggunakan strata sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan regresi linear berganda, uji validitas dan uji reabilitas dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.
Dari penelitian di atas diperoleh hasil bahwa regresi linear berganda antara variabel bebas dan variabel terikat menyatakan adanya tingkat keeratan yang kuat dengan hasil R lebih dari 0,5. Dari delapan belas instrumen yang ada dinyatakan valid dan reliabel. Instrumen dinyatakan valid karena probabilitasnya kurang dari 0/05 dan dinyatakan reliabel dari nilai Alpha Cronbachnya lebih dari 0,5. Dari uji F diperoleh variabel keandalan (XI), daya tangkap (X2), jaminan (X3), empati, («4) dan bukti langsung (X5) berpengaruh terhadap kepuasan santri. dan uji t diperoleh tiga variabel yang signifikan, yaitu keandalan, jaminan, dan bukti langsung. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak semua variabel pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri |
Keywords: | analisis pelayanan; kepuasan santri |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55820 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |