Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah

Ailiyazzahroh, Lu'lu' (2016) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12410192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Semua aspek di dunia didasari oleh motivasi. Begitu juga dengan Musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Berdasarkan fakta tentang tugasnya sebagai pengurus ma’had yang cukup padat, baik waktu untuk belajar maupun mengerjakan tugas, apakah hal itu mempengaruhi prestasinya. Jika motivasi belajar seseorang cukup tinggi, maka kendala apapun yang dialami dalam hidupnya tidak membuat prestasinya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi dan prestasi akademik Musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Lebih spesifiknya lagi, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang seberapa besar pengaruh motivasi terhadap prestasi akademik Musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian sebanyak 50 orang, dengan subjek laki-laki sebanyak 25 dan perempuan 25.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala motivasi model Likert. Sedangkan, untuk mengukur prestasi akademiknya, penelitian menggunakan nilai IPK sebagai acuan dengan kriteria minimal 3.50. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa mayoritas subjek memiliki motivasi dan juga prestasi akademik dalam kategori sedang. Pada uji regresi didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi akademik, dengan nilai P=0.006 dan nilai R Square 0.101.

ENGLISH:

All aspect of life it must based on motivation. Likewise with Musyrif-musyrifah Pusat Ma'had Al-Jami'ah. Based on this fact about their duty as supervisor in ma'had, either time for studying or for doing assignment, will give impact to their achievement. If someone learning motivation is high, whatever problem that they face in their life won't make their achievement decline. The purpose of this research is to know the level of learning motivation and student achievement of Musyrif-musyrifah Pusat Ma’had Al-Jami'ah. More specifically, the researcher wants to know how much the impact of learning motivation on Musyrif-musyrifah Pusat Mahad Al-Jami'ah's student achievement. The subject of this research is 50 people, and it consists of 25 Man and 25 women.

The method of this research is quantitative research, with using motivation scale Likert style. However, to measure the student achievement, the researcher using GPA (Grade Point Average), with minimal criteria of GPA is 3.50. Data analysis method used in this research is regression analysis. The result of the research is majority of the subject has learning motivation and student achievement in middle category. On the regression test, showing that there is some significant influence between learning motivation and Student achievement. With the result P = 0,006 and value of R Square 0,101.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, A. Khudori
Keywords: Motivasi; Prestasi akademik; Learning Motivation; Student Achievement
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:30
Last Modified: 10 Jan 2017 04:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item