Wahyuningsih, Anis Sa’adah (2002) Upaya Guru Agama dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SLTPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98140098.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam merupakan salah satu bidang studi yang wajib diberikan kepada anak didik disetiap jenjang pendidikan, dimana pelaksanaannya telah menjadi komitmen nasional, sehingga keberadaannya menjadi unsur mutlak dalam pembentukan watak dan moral bangsa Indonesia sekaligus menjadi bekal anak didik dalam menghadapi kemajuan zaman. Pendidikan agama Islam berusaha memberikan dan menanamkan nilai-nilai agama yang menjadi dasar dan benteng serta pegangan anak didik dan umat manusia, sehingga terbentuk manusia seutuhnya sebagaimana yang didambakan oleh pembangunan.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) belum diketahui bagaimana kualitas pendidikan agama Islam pada sekolah lanjutan tingkat pertama di SLTPN I Kalidawir Tulungagung. 2) Belum diketahui faktor pemmjang dan penghambat untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SLTPN I Kalidawir Tulungagung. 3) Belum diketahui upaya yang dilakukan oleh guru agama untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SLTPN I Kalidawir Tulungagung.
Adapun tujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalah : untuk mengetahui tingkat kualitas Pendidikan Agama Islam pada tingkat SLTPN I Kalidawir Tulungagung. Untuk mengetahui faktor penimjang dan faktor penghambat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SLTPN I Kalidawir Tulungagung. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru agama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SLTPN I Kalidawir Tulungagung.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode angket, metode dokumentasi dan metode interview dengan jumlah sampel 70 siswa, guru agama dan kepala sekolah, dari sejumlah sampel tersebut kami pilih dengan melalui teknik random sampling.
Adapun pembahasan skripsi ini adalah meliputi; pengertian pendidikan agama Islam, dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, faktor penunjang dan penghambat dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam, upaya peningkatan kualitas pendidikan agama Islam.
Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisa dengan menggunakan analisa deskriptif'dan analisa statistik dengan memakai rumus : p = -كر X100%
Berdasarkan hasil analisa, menunjukkan bahwa upaya guru agama meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam bisa dikategorikan baik, ini bisa dilihat dari beberapa upaya yang dilakukan meliputi; variasi penggunaan metode, pengembangan kurikulum dan penggunaan sarana prasarana secara maksimal serta mengusulkan penambahan tenaga pengajar khususnya bidang studi agama.
Dengan demikian untuk mencapai kualitas pendidikan agama Islam secara maksimal perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk lebih memaksimalkan program yang telah ada seperti ektrakurikuler mengaji A!-Qur’an dan pelaksanaan sholat berjamaah serta sholatjum’at di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli |
Keywords: | Upaya Guru Agama; Pendidikan Agama Islam; Kualitas Pendidikan; SLTPN 1 Kalidawir |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:24 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |