Handayani, Fitri (2002) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum PGRI Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110517.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini mengambil judul Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menenganh Umum PGRI Kepanjen Malang, yang sekaligus sebagai obyek dalam penelitian skripsi ini. Dalam kehidupan suatu bangsa pelaksanaan Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa tersebut. Pendidikan ditujukan untuk membentuk tingkah laku serta mengarahkannya ke jalan yng benar, meningkatkan mutu kehidupan dan martabat sebagi manusia.
Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar yang merupakam pengajaran, bimbingan dan latihan terhadap anak agar selesai pendidikannya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya serta menjadikannya sebagai jalan hidup sehari-sehari baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial kemasyarakatan.
Pelaksanaan Pendidikan Agama terdapat unsur tujuan yang dicapai, bahan pelajaran yang menjadi proses, pelajar yang aktif belajar dan guru yang aktif membimbing murid dalam proses belajar mengajar. Setiap unsur memiliki peran yang sangat penting. Antara satu unsur dengan unsur yang lain saling terkait dan mendukung untuk memberikan hasil yang baik.
Metode adalah alat penting mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode yang tepat oleh guru akan mendukung pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan metode, tepat tidaknya tergantung pada kemampuan guru dalam menyesuaikan dengan kondisi siswa, materi pelajaran, lingkungan pendidikan dimana pendidikan dan pembelajaran itu dilaksanakan.
Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam skripsi ini adalah sebagi berikut; metode mengajar apa yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bagaimanakah hasil belajar yang dicapai siswa di Sekolah Menengah Umum PGRI Kepanjen Malang, Apakah faktor penunjang dan penghambat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Sesuai dengan tema judul diatas maka penulis bertujuan untuk mengetahui metode mengajar yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU PGRI Kepanjen Malang, mengetahui hasil yang dicapai siswa di SMU PGRI Kepanjen Malang, mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU PGRI Kepanjen Malang.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis adalah dengan menentukan populasi dan sampel, dalam hal ini yang dijadikan sampel adalah siswa kelas 1: sedangkan pengumpulan data, menggunakan metode interview, observasi, angket dan dokumenter.
Analisis data diskriptif kualitatif untuk permasalahan satu dan tiga, teknik analisa mean untuk permasalahan dua dengan menggunakan rumus : Mx = اً.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Metode yang digunakan ialah metode tanya jawab, metode ceramah, metode latihan, metode demonstrasi; 2) Hasil belajar yang dicapai siswa termasuk dalam kriteria tinggi; 3) Faktor penunjang, adanya minat pada diri siswa, kesadaran guru dan faktor penghambat sarana dan prasarana ynag masih kurang, keadaan siswa.
Saran yang diahdapkan penulis, kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar. Sebab hal itu berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Sekolah Umum PGRI Kepanjen |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55809 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |