Mas'udi, Ali (2003) Model Pembelajaran Sorogan di Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110391.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang keberadannya sangat penting dalam sejarah perkembangan Islam dan juga perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Pada dasarnya pondok pesanten berdiri dengan kokoh dengan adanya lima unsur yang sangat menentukan yaitu : kyai, santri, masjid, pondokan (asrama), dan pengajian kitab Islam klasik. Sudah sejak dahulu pondok pesantren mempunyai peranan yang sangat besar sekali bagi perkembangan bangsa dan negara Indonesia, apalagi pada masa pembangunan sekarang ini. Keberadaan pondok pesantren sangat dibutuhkan terutama dalam usaha meningkatkan manusia yang berkualitas dan membentuk kader-kader pemimpin bangsa atau agama khususnya pada dirinya sendiri yang sekaligus beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam kehidupan di pondok pesantren terkesan suasana yang relegius, penanaman jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanan, jiwa kemandirian, jiwa ukhuwah Islamiyah, dan jiwa bebas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran sorogan dipondok pesantren An-Nur II AI-Murtadlo Bululawang, Malang. Penelitian ini dilakukan dipondok pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang, Malang. Sedangkan sampel dari penelitian ini diambil sebanyak 90 santri, pengambilan sampelnya yaitu dengan cara random, metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik diskriptif dengan prosentase.
Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pertama, model pembelajaran dipondok pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang, Malang yaitu melalui pendidikan formal dan pendikan non formal dengan menggunakan model/sistem Halaqoh dan Klasikal (madrosi). Kedua, materi pendidikan yang diajarkan dipondok pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Buluang, Malang adalah semua materi pendidikan yang bersifat keagamaan yakni kitab-kitab kalasik (kuno) yang menggunakan tulisan Arab. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran sorogan dipondok pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang, Malang adalah berdasarkan tingkat (jenjang) pendidikan yang ditempuh diluar pendidikan pondok pesantren.
Dengan hasil dari penelitian ini disarankan, agar program yang sudah dilaksanakan dikembangkan lagi sehingga pondok pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang, Malang akan berkembang lebih pesat lagi di masa-masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Satral, Satral |
Keywords: | Model Pembelajaran Sorogan; Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang Malang |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:31 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55795 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |