Ishomi, M. Irham (2006) Pengaruh harga dan faktor Psikologis terhadap keputusan pembelian: Studi pada pengguna kartu simPATI di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
01220082.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah rmtuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga dan Faktor Psikologis terhadap keputusan pembelian dan variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam penelitian ini peneliti mengambil dua hipotesis. Pertama, di duga Ada pengaruh yang signifikan antara harga barang, tarif pulsa, pengetahuan, persepsi terhadap keputusan pembelian kartu SimPATI, baik secara parsial mauprm simultan, kedua, di duga Variabel pengetahuan merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap variabel keputusan pembelian kartu SimPATI.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Untuk menguji persamaan regresi digimakan uji asumsi klasik: multikolieneritas dan heteroskedastisitas serta untuk menguji hipotesis pertama digunakan koefisien determinasi, uji F, dan uji t.
Sedangkan untuk menguji hipotesis kedua, digunakan uji t.
Dari hasil analisis diketahui bahwa variabel (harga barang, tarif pulsa, pengetahuan, persepsi) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dengan dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (16/646 > 2,53) dengan tingkat signifikan 0.000 atau lebih kecil dari 0/05. Sedangkan variabel bebas (harga barang, tarif pulsa, pengetahuan, persepsi) mampu menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 0,561 atau 56,1% dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan secara parsial variabel harga barang, tarif pulsa, pengetahuan, persepsi memprmyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian karena memprmyai nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (2,114; 2,089; 3,496; 2,149 > 1/671).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Suprayitno, Eko |
Keywords: | Harga; Faktor Psikologis; Keputusan Pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55789 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |