Responsive Banner

Pelaksanaan Diversifikasi produk sebagai upaya untuk meningkatkan volume penjualan: Studi pada Industri Batik Tulis Sutera "Ernawati" Pekalongan

Ghufronah, Ghufronah (2006) Pelaksanaan Diversifikasi produk sebagai upaya untuk meningkatkan volume penjualan: Studi pada Industri Batik Tulis Sutera "Ernawati" Pekalongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
01220070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Dengan semakin dikenalnya produk-produk batik pada semua kalangan dan bahkan di dalam maupun luar negeri, maka semakin banyak pula industri-industri batik yang berdiri dan memproduksi produk-produk yang sejenis. Dengan demikian, Industri Batik Tulis Sutera "ERNAWATI" menggunakan atau melaksanakan diversifikasi produk sebagai upaya untuk meningkatkan volume penjualannya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan penelitiannya ialah deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pelaksanaan diversifikasi produk dan hubungan antara diversifikasi produk dengan volume penjualan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis beda rata-rata dan analisis regresi sederhana.

Berdasarkan model analisis, hasil analisis beda rata-rata menunjukkan rata-rata volume panjualan sebelum dilaksanakan diversifikasi produk sebesar 939 unit tiap tahun. Sedangkan setelah dilaksanakan diversifikasi produk rata-rata volume penjualan sebesar 1228 unit tiap tahun, maka rata-rata volume penjualan meningkat sekitar 289 unit tiap tahunnya. Jadi, pelaksanaan diversivikasi produk pada industri batik tulis sutera "ERNAWATI" Pekalongan dapat dikatakan sangat baik, dimana dapat meningkatkan rata-rata volume penjualannya. Adapun hasil analisis regresi menunjukkan besarnya nilai regresi 144 unit, yang berarti bahwa setiap adanya penambahan 1 jenis produk maka dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 144 unit. Dari nilai tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang sangat besar antara diversifikasi produk terhadap volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asnawi, Nur
Keywords: Diversifikasi Produk; Penjualan
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 15 Aug 2023 14:32
Last Modified: 15 Aug 2023 14:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55787

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item