Mubarok, Ahmad Ferry (2007) Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada rumah makan cepat saji yang menggunakan Sistem Waralaba di Malang: Studi pada pelanggan mahasiswa Manajemen FE Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
00220028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Konsumen dan proses konsumsi adalah sesuatu yang perlu dipahami karena akan menghasilkan sejumlah manfaat. Dengan adanya berbagai jenis produk di Rumah makan cepat saji yang mempunyai merek, harga, kualitas yang beraneka ragam menimbulkan banyak alternatif yang dapat dipilih oleh konsumen. Untuk menentukan pilihan tersebut, konsumen akan membuat suatu keputusan pembelian tentang jenis produk, merek apa yang akan dibeli, serta kualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor perilaku psikologis yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk dan untuk menganalisis faktor psikologis yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Rumah Makan Cepat Saji. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan data utama berupa hasil jawaban responden dari kuesioner yang dibagikan kepada 86 sampel.
Dari hasil analisis didapatkan hasil 1) nilai konstanta sebesar 0,487 yang berarti apabila variabel bebas yaitu Xi (Motivasi), x٠ (Persepsi), X3 (Pengetahuan), dan X٠1 (Keyakinan dan sikap), sama dengan nol, maka besarnya variabel Y (keputusan membeli) adalah sebesar 0.487. 2) Dari hasil uji F didapatkan nilai F hitung sebesar 35,869 > dari F tabel pada d f: 4:81 sebesar 2,48 yang berarti bahwa Hipotesis آ yang menyatakan bahwa variabel motivasi X), persepsi X), pengetahuan (X3) dan faktor keyakinan dan sikap (يحد) secara simultan/bersama- sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli (٧) dapat diterima atau teruji pada taraf nyata a = 0,05. 3) Dari hasil uji t dijelaskan bahwa Xi faktor motivasi mempunyai koefisien regresi paling besar sehingga hipotesis II yang menyatakan bahwa variabel Xi (motivasi) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan membeli (٧) teruji pada taraf nyata a = 0.05 dan 5) Dari hasil analisis diperoleh nilai R square (R2) sebesar 0,639 dan setelah disesuaikan didapatkan nilai R adjust square sebesar 0,621 hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (Xi, X2, X3 dan X4 ) secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat Y keputusan membeli pada rumah makan cepat saji di iMalang sebesar 62,1% dan sisanya sebesar 37.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Nilai R2 tersebut menunjukkan cukup kuatnya pengaruh variabel irebas (X], X2, X3 dan X4 ) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y keputusan membeli pada rumah makan cepat saji di Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | Motivasi; persepsi; pengetahuan keyakinan dan sikap |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55780 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |