Utami, Sri (2002) Peranan Madrasah Diniyah Al-Hidayah dalam membentuk kualitas Akhlaqul Karimah siswa di Desa Bendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
21963184.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pada dasarnya merupakan salah satu usaha pengembangan sumber daya manusia itu sendiri. Melalui pendidikan hendaknya di siapkan dan di hasilkan manusia Indonesia yang berkualitas, dimana salah satu cirinya adalah percaya dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan di Indonesia, maka pendidikan agama mempunyai peranan penting dalam membentuk manusia Indonesia yang percaya dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga menjadi warga negara yang baik, yang di harapkan menjadi modal dasar pembangunan bangsa Indonesia, lebih-lebih di era globalisasi ini, telah membawa perubahan pada masyarakat baik yang bersifat positif maupun negatif. Salah satu pengaruh negatif yang ditimbulkan, yaitu menjauhkan manusia dari nilai-nilai religius.
Oleh karena itulah penulis menganggap perlu mengadakan penelitian pada madrasah Diniyah Al Hidayah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang semata-mata memberikan pendidikan dan pengajaran agama.
Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini bertujuan, mengetahui peranan Madrasah Diniyah Al-Hidayah dalam membentuk kwalitas akhlaqul karimah. Mengetahui upaya Madrasah Diniyah AI-Hidayah dalam membentuk kualitas akhlaqul karimah. Mengetahui kontribusi Madrasah Diniyah Al-Hidayah dalam membentuk kualitas akhlaqul karimah siswa.
Untuk memperolah tujuan dari penelitian ini, maka di ambil sampel sebanyak 15 % dari 189 siswa Putri Madrasah Diniyah Bendo Pare Kediri, yang berlatar belakang sekolah formal, yaitu SD, SLTP, dan SMU. Dan pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, angket dan Interview dan dokumenter, kemudian hasilnya diolah dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif, yaitu menafsirkan dan menguraikan data yang sudah penulis peroleh dari observasi, dan interview . Sedangkan data dari hasil angket penulis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus :
P=^.HOO٠/٥
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Diniyah Al-Hidayah Bendo-Pare berperan sebagai dinamisator, melanjutkan pendidikan, fundamental, dan motivator dalam membentuk kualitas akhlaqul karimah melalui penyampaian materi- materi pelajaran yang mumi keagamaan, yang di selenggarakan selama enam hari dalam seminggu. Upaya yang di lakukan Madrasah Diniyah Al-Hidayah dalam membentuk kualitas Akhlaqul karimah dengan kegiatan-kegitan yang bersifat praktis di luar jam pelajaran.
Faktor-faktor yang menghambat di Madrasah Diniyah Al-Hidayah berasal dari guru, siswa, orang tua dan lingkungan. Kontribusi Madrasah Diniyah Al-Hidayah dalam membentuk kualitas akhlaqul karimah dan membina prilaku siswa agar dapat berprilaku yang baik dan memiliki pribadi yang mulia, meliputi akhlaq siswa terhadap Allah, orang tua, guru, diri sendiri, teman dan lingkungan serta perbuatan- perbuatan yang harus di hindari. Melalui tuntunan yang telah di upayakan melalui pengajaran kitab-kitab akhlaq.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono |
Keywords: | Madrasah Diniyah Al-Hidayah; Akhlaqul Karimah |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 10:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 10:07 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55768 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |