Mubarok, Moh. Hifn (2016) Hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas siswa kelas VIII SMPN 10 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10410078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan remaja banyak mengalami masa peralihan dari kanak-kanak ke masa remaja. Sama halnya dengan siswa kelas VIII SMPN 10 Malang. Lingkungan baru bagi mereka merupakan sebuah stimulus yang terkadang mampu menjadi penyebab terjadinya kesulitan dalam tingkat kreativitasnya karena rasa kepercayaan diri yang kurang. Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan Sekolah Dasar (SD). Untuk menghadapi lingkungan baru ini, siswa membutuhkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mampu berkreativitas. Sehingga dengan modal tersebut, siswa dapat menjalankan aktifitasnya di Sekolah dengan baik. Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII SMPN 10 Malang adalah adanya kepercayaan diri yang cukup akan tetapi ia tidak mampu untuk kreative. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas. Kepercayaan diri adalah sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri, orang yang mempunyai sikap percaya diri maka dia dapat melaksanakan semua hal yang sesuai dengan keinginannya serta hangat dan sopan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya Lauster (dalam Asmadi Alsa, 2006:48). Drevdahl dalam Harlock juga mendevinisikan kreatif sebagai kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya.(Hurlock,1993:4)
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 10 Malang dengan jumlah populasi 294 siswa dan jumlah sampel 29 siswa, pengambilan sampel dengan cara memilih kelas unggulan, data pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan alat ukur psikologi. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Likert, skala yang digunakan ada 2 yaitu skala kepercayaan diri 40 aitem dan skala penyesuaian sosial 44 aitem. Metode analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows. Dari hasil analisis menunjukkan tingkat kepercayaan diri dan kreativitas siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 86,20% untuk kepercayaan diri dan 79,31% untuk kreativitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment didapatkan hasil r = 0,398 dan p = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan kreativitas, semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi tingkat kreativitasnya.
ENGLISH:
Adolescent development has many transitions of experience from childhood to adolescence. It is Similarly with students of grade VIII SMPN 10 Malang. New environment for them is stimulus that sometimes able to be the cause of difficulties occurrence in level of creativity because of the lack of confidence. Junior High School environment has different characteristic from Elementary School. To face this new environment, the students needs confidence and ability to afford creativity. Therefore, with that modal, the students can be carrying out their activities in school well. The problem that ‘s occurred in the students of grade VIII SMPN 10 Malang are the existence of sufficient confidence, but they could not be able to be creative. Purpose of this study is to determine the relationship between self-confidence and creativity. Self-confidence is an attitude of confidence in the ability of self, people who have a confidence attitude then they can carry out all things according to their wishes also suave and polite in their interaction with social environment Lauster (in Asmadi Asta, 2006:48) Drevdhal in Hurlock also defines about creative as ability of a person to produce a composition, product or idea which is new essentially and previously unknown author. (Hurlock, 1993:4)
This research used a quantitative approach. Research conducted at SMPN 10 Malang with a population of 294 students and the sample size of 29 students, sampling by selecting excellent class, supporting data in this study were obtained through observation, interview, documentation and measuring tools of psychology. Psychology measuring devices that are used as data collection in this study is Likert scale, there are 2 scales used that are 40-item scale of self-confidence and 44-item scale of social adjustment. Methods of data analysis was done by using Karl person product moment correlation using SPSS 17.0 for Windows. Result of the analysis shows the level of confidence and creativity of student in high category with a percentage of 86.20% for confidence and 79.31% for creativity. Based on the result of data analysis by using product moment correlation result obtained r=0.398 and p=0,000. This shows that there is a significant relationships between confidence and creativity, being higher the confidence then being higher level of creativity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepercayaan Diri; Kreativitas; Confidence; Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2017 11:32 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2017 11:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5574 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |