Rohmawati, Enif (2005) Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pemilihan jasa kursus bahasa Inggris di Institut Pembangunan Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
01220055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan globahsasi menuntut adanya keahlian dan professional disegala bidang, tentunya dibarengi dengan penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris yang seringkah disyaratkan sebagai pemmjang keahlian yang dimiliki. Begitu pentingnya bahasa Inggris sehingga tidak hanya dilingkungan akademik saja bahasa tersebut diberikan, tetapi juga di lembaga-lembaga informal yang banyak menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris gima memberikan solusi alternatif dan membantu secara aplikatif penguasaan bahasa tersebut, disamping agar mampu mengakses literatur-literatur dan informasi berbahasa Inggris.
Banyaknya pelajar dan mahasiswa yang mengikuti kursus bahasa Inggris di IP Cabang Malang menjadi ketertarikan tersendiri untuk dilakukan analisis perilaku konsumen sehingga dapat diketahui secara jelas faktor-faktor baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi keputusan pemilihan jasa mereka di IP cabang Malang.
Untuk itu tujuan dari penehtian mi adalah rmtuk menganahsis factor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pemilihan jasa kursus bahasa Inggris, manakah factor yang paling dominan dalam mepengaruhi keputusan pemilihan jasa di IP cabang Malang
Adaprm alat analisis yang digunakan dalam penehtian ini adalah dengan menggrmakan uji vahcitas dan reliabilitas alat instrumen, serta menggunakan anahsis factor,yang dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) Deskripsi data, (2) Uji interdependensi, (3) Ekstraksi factor, (4) Faktor sebelum rotasi, (5) rotasi factor, (6) Uji vahdias dan rehabihtas model factor.
Hasil uji validitas dan rehabihtas alat instrumen, diketahui bahwa keseluruhan alat instrumen dinyatakan vahd dan rehable, dengan hasil alpha cronbach x٦ X2 x٠٩ X4 X5 A X7 X« X9 berturut- turut sebesar 0,7045; 0,6588; 0,7424; 0,7968; 0,3809; 0,8454; 0,8345; 0,6238; 0,5332. Dimana nilai tersebut di atas 0,6 maka, rehabihtas alat insrumen dinyatakan vahd. Tahap selanjutnya adalah anahsis factor atas data yang terdiri dari 21 variabel (Xn, X12, X21, X22,. ٠ ...X83), pada tahap awal anahsis, yaitu pada uji pengukuran kecukupan sampling (uji MSA) dihasilkan matrik korelasi anti image, dimana semua variable memiliki MSA > 0,5, maka konsekuensinya semua variabel dapat diikutkan pada analisis selanjutnya. Pada tahap kedua, diketahui tedapat satu variael yang tidak memiliki nilai komunahtas yang mencukupi, yaitu X52 dengan nilai komunalitas sebesar 0,419, maka satu variabel tersebut mendapat konsekuensi tidak dapat diikutsertakan dalam analisis selanjutnya, yang untuk elanjutnya analisis dilakukan dari awal lagi.
Hasil akhir dari analisis ini menyisahkan 23 variabel yang teragi dalam enam model faktor dengan total varian (commulatif persentages) sebesar 70/222% dengan kisaran muatan faktor (factor loading) antara 0,511 hingga 0/854. Model factor pertama terdiri dari variabel X21 ١62 X41 X51X72 Xfci X71 dengan koefisien reabihtas seesar 0,9179. Model factor kedua terdiri dari variabel X32 X31 Xsi X42 X71, dengan koefisien reabilitas sebesar 0,8982. Model faktor yang ketiga terdiri dari Xu X13 X92X22 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,9043. Model factor keempat terdiri dari variabel x٦2 X84, dengan koefisien reabihtas sebesar 0,8063. Model faktor yang kelima terdiri dari Xs،٩ Xg2, dengan koefisien reabihtas sebesar 0,8197. Model faktor keenam terdiri dari X91 Xs5 X12 dengan koefisien rehabihtas sebesar 0,8436.
Dengan adanya hasil penglritungan malalui SPSS 11.00 seperti tersebut di atas, diketahui bahwa terdapat 23 variabel yang terbagi dalam 6 model faktor. Dan diharapkan mampu menjadi pertimbangan terhadap kebijakan perusahaan selanjutnya demi keberlangsungan dari eksistensi dan kemajuan perusahaan IP cabang Malang kedepan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | Faktor-faktor; Keputusan Pemilihan Jasa; IP Cabang malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55736 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |