Responsive Banner

Minat siswa SMU Islam Pujon Malang dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi

Khusnah, Kholifatul (2001) Minat siswa SMU Islam Pujon Malang dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
97110135.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Masalah pendidikan merupakan masalah dinamis yang selalu muncul dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikan kamajuan dan kesejahteraan hidup dapat dicapai. Oleh karena itu pendidikan selalu dicari dan dipelajari oleh manusia. Untuk memperoleh kemajuan dan kesejahteraan hidup tersebut, manusia membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan diselenggarakannya pendidikan tinggi adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

Sedangkan pendidikan di tingkat sekolah menengah yang sederajad diciptakan untuk dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau perguruan tinggi. Disinilah anak membutuhkan bimbingan dan dorongan dan arahan baik guru maupun dari orang tua untuk menumbuhkan minat studi ke perguruan tinggi Berangkat dari pemahaman di atas, maka penulis mengangkat judul penelitian yang berorientasi pada : ،،Minat Siswa SMU Islam Pujon Malang dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi”. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui minat siswa Si Islam Pujon Malang untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut, langkah-langkah yang ditempuh sekolah, peran serta guru dan orang tua dan mengetahui alternatif apa yang dipilih siswa setelah lulus dari Si Islam Pujon.

Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data di lapangan menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter. Dari metode tersebut penulis berusaha untuk memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian di atas, setelah data dikumpulkan kemudian data dianalisa dengan menggunakan rumus prosentase :
p: Z X 100% N

Dari hasil pembahasan penelitian dapat penulis simpulkan bahwa siswa SMU Islam Pujon sebanyak 50,5% berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Sedangkan faktor yang mendorong siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi adalah adanya minat sendiri (cita-cita), kebutuhan dan adanya faktor dari lingkungan yang terdiri dari saudara(kakak) dan dari temannya. Langkah yang ditempuh sekolah Dalam mencetak lulusan yang berkualitas dengan jalan mengaktitkan siswa, pengajaran secara optimal, selalu mengusahakan sarana dan prasarana pendidikan. Dalam penelitian ini orang tua tidak penulis libatkan secara langsung, namun data yang berhubungan dengan orang tua siswa diperoleh melalui pandangan dan pendapat dari siswa sebagai cerminan dari perhatian orang tua kepada anaknya,sehingga dapat diperoleh data yang menyatakan sebagian besar guru dan orang tua memberikan dukungan dan bimbingan dalam kelanjutan studi ke perguruan tinggi. Serta alternatif yang dipilih siswa setelah lulus dari SMU adalah cenderung untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dari pada bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yasin, Ahmad Fatah
Keywords: SMU Islam Pujon; Perguruan Tinggi
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:56
Last Modified: 15 Aug 2023 10:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55719

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item