Manajemen peningkatan kinerja guru dalam menciptakan keunggulan peserta didik: Studi kasus di SMA Al Izzah International Islamic Boarding School Batu

Rizqiyah, Aminatur (2016) Manajemen peningkatan kinerja guru dalam menciptakan keunggulan peserta didik: Studi kasus di SMA Al Izzah International Islamic Boarding School Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14710031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Guru sebagai nahkoda dalam menciptakan keunggulan peserta didik dituntut untuk memiliki kompetensi manajerial yang mamadai karena manajemen yang baik dari guru akan dapat mendorong tercipta kinerjanya sesuai dengan kompetensi profesional yang diharapkan.oleh sebab itu diperlukan adanya manajemen kinerja guru sehingga menciptakan prestasi yang unggul bagi peserta didik. Manajemen kinerja ini telah diterapkan di SMA Al-Izzah Batu, dimana sekolah ini guru memiliki manajemen berbasis kinerja yang diterapkan dalam mengembangkan potensi peserta didik menjadi sebuah prestasi yang unggul yang menciptakan out put yang sangat berkualiatas baik secara akademik, moral dan keterampilan. Guna membuktikan hal tersebut, maka diperlukan studi kasus penelitian lebih lanjut, untuk itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai manajemen peningkatan kinerja guru dalam menciptakan keunggulan peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perilaku manajemen guru dalam meningkatkan kinerjanya yang diterapkan di SMA Al Izzah IIBS Batu, yang mencakup: (1) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (2) Strategi Peningkatan Kinerja Guru (3) Prestasi Yang Diperoleh Peserta Didik Dalam Manajemen Peningkatan Kinerja Guru dikarenakan Guru harus mampu menciptakan suasana yang kondusif dan inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar yakni dengan membimbing peserta didik dalam rangka memperdayakan sumber daya manusia secara optimal sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber triangulasi metode dan trianggulasi teori.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen peningkatan kinerja guru menghasilkan model manajemen berbasis kinerja yakni model campuran dari model peningkatan kinerja Deming, Torrington dan Ken Blanchard & Gerry Ridge dengan menyusun desain perencanaan pembelajaran yang disusun dan dirumuskan sebagai harapan kerja, pembinaan secara demokratis dengan bentuk musyawarah dalam forum halaqoh, penugasan, mendatangkan nara sumber, melaksanakan studi lanjut, melaksanakan Studi banding dan melaksanakan pengembangan dan pembinaan guru (diklat, pelatihan, workshop) serta adanya evaluasi penilaian kinerja.2) Strategi peningkatan kinerja guru meliputi Langkah-langkah dan Penilaian yakni melaksanakan musyawarah dengan penanaman nilai-nilai islami agar terciptanya iklim kerja kondusif dengan fasilitas yang memadai, penghargaan (reward) dan adanya supervisi 3) Prestasi yang diraih oleh peserta didik dalam manajemen peningkatan kinerja guru yakni guru memiliki peranan yang strategis dalam rangka mengembangkan dan membimbing peserta didik meraih prestasi baik sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, maupun motivator dengan meraih prestasi akademik dan non akademik meliputi Menghafal Al-qur’an minimal 9 juz-30 juz , Menerapkan budi pekerti yang baik sesuai ajaran syariat, Kejuaraan olimpiade, Tumbuhnya semangat, Disiplin, Jujur dan Berintegritas yang tinggi.

ENGLISH:

Teachers as leader in creating excellence learners were required to have managerial competence due to good management of teachers will be able to push the performance created according to expected professional competences .Because it is necessary to the performance management of teachers so as to create a superior achievement for learners. The performance management has been applied in SMA Al-Izzah Batu, where the school's teachers have a performance-based management applied in developing the learners potential into a superior achievement that creates very qualified output academically, morally and skills. To prove this all, we need more research case study, for which researchers interested in conducting research on improving the teachers performance management in creating excellence learners.

This research aims to reveal the management behavior of teachers in improving their performance applied in SMA Al Izzah IIBS Batu, which includes: (1) Management improvement of teacher performance (2) The strategy for improving teacher performance (3) Achievement by learners in management improvement of teacher performance that teachers because the teacher must be able to create a conducive and innovative atmosphere in implementing the learning process by guiding learners in order to beguile human resources optimally. while the approach used in this research is a qualitative, case study. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. Data analysis technique with data reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. Checking the validity of data with triangulation source, triangulation method and triangulation theory.

The results of this research indicated that (1) Management improvement of teacher performance in a model of performance based management which is a mixed model of the model increased performance Deming , Torrington and Ken Blanchard & Gerry Ridge by making the design lesson plans prepared and formulated as work expectations, fostering a democratic manner by the shape of deliberation in the forum halaqoh , assignment, bring a resource, carry out further studies, carry out comparative studies and carry out the development and coaching of teachers (training, training , workshops) as well as their evaluation of the performance assessment.( 2) The strategy for improving teacher performance include measures that implement the Assessment and consultation with the planting of Islamic values ​​in order to create a conducive working environment with adequate facilities, awards (reward) and their supervision. (3) Achievement by learners in management improvement of teacher performance that teachers have a strategic role in order to develop and guide the learner achievement both as an educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, and motivator to the achievement of academic and non- includes academic Memorizing the Qur'an at least 9 juz 30 juz, Applying good manners according to the teachings of the Shari'a, the olympic championship, spirit growth, Discipline, Honesty and high Integrity.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sutiah, Sutiah and Asnawi, Nur
Keywords: Manajemen Kinerja Guru; Keunggulan Peserta Didik; Teacher Performance Management; Excellent Learners
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:14
Last Modified: 03 Jan 2017 09:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item