Pengaruh perilaku kepemimpinan iklim sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa di SMA Negeri 8 Kota Malang

Ramadhani, Amalni Mutmainah (2016) Pengaruh perilaku kepemimpinan iklim sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa di SMA Negeri 8 Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam rangka mempersiapkan lulusan yang berkualitas untuk menghadapi proses dan dinamika kehidupan di masyarakat, serta persaingan global, pendidikan dipandang sebagai suatu proses peningkatan kualitas perbaikan kehidupan yang mampu mengubah pengetahuan, keterampilan dan sikap serta tata laku melalui kegiatan proses pembelajaran. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas diperlukan beberapa faktor, diantaranya: perilaku pemimpin, iklim sekolah yang kondusif dan kinerja guru yang profesional. Ketiga aspek ini yang akan mempengaruhi prestasi akademik siswa disekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh perilaku kepemimpinan, iklim sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa. yang dirumuskan sebagai berikut: (1) pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap iklim sekolah, (2) pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru, (3) pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap prestasi akademik siswa, (4) pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi akademik siswa, (5) pengaruh kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa, dan (6) pengaruh perilaku kepemimpinan, iklim sekolah dan kinerja guru bersama-sama terhadap prestasi akademik siswa.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis regsesi linier berganda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dari variabel perilaku kepemimpinan, iklim sekolah dan kinerja guru. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Sampel yang digunakan berjumlah 105 siswa kelas II SMA Negeri 8 Kota Malang.

Hasil analisis data yang diperoleh adalah (1) ada pengaruh signifikan perilaku kepemimpinan terhadap iklim sekolah, dengan nilai Sig 0,000 < α 0,05. (2) ada pengaruh signifikan perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru, dengan nilai Sig 0,000 < α 0,05.(3) tidak ada pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap prestasi akademik siswa, dengan nilai nilai Sig 0,146 > α 0,05. (4) ada pengaruh signifikan iklim sekolah terhadap prestasi akademik siswa, dengan nilai Sig 0,034 < α 0,05. (5) ada pengaruh signifikan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa, dengan nilai Sig 0,000 < α 0,05. Dan secara bersama-sama ada pengaruh signifikan perilaku kepemimpinan, iklim sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa, dengan nilai Sig F 0,002 < α 0,05. Yang berarti bahwa perilaku kepemimpinan tidak bisa secara langsung mempengaruhi prestasi akademik siswa di SMA Negeri 8 Kota Malang.

ENGLISH:

In order to prepare graduates who are qualified to deal with the process and the dynamics of life in society, as well as global competition, education is seen as a process of improving the quality of life improvement that is capable of changing the knowledge, skills and attitudes as well as the code of conduct through the learning process. To produce quality graduates required several factors, including: the leader's behavior, school climate that is conducive and professional teacher performance. These three aspects will affect the academic achievement of students in schools.

This study aims to examine and explain the influence leadership behavior, school climate and teacher performance on student achievement. which is formulated as follows: (1) the impact of leadership behavior on school climate, (2) the impact of leadership behavior on teacher performance, (3) the effect of leadership behaviors on student achievement, (4) the effect of school climate on student achievement, (5) the effect of teacher performance on student achievement, and (6) the impact of leadership behavior, school climate and teacher performance together on student achievement.

The design of this study using a quantitative approach and manifold linear regression. Collecting data in this study using a questionnaire on behavioral variables of leadership, school climate and teacher performance. To test the hypothesis using the technique of path analysis (path analysis). The sample was 105 students of class II SMAN 8 Malang.

The results of the analysis of the data obtained is (1) no significant influence leadership behavior on the climate of the school, the value of Sig 0,000 <α 0.05. (2) No significant influence leadership behavior on teacher performance, with the Sig 0,000 <α 0.05. (3) no leadership behavior influence on student achievement, with the value of the Sig 0,146> α 0.05. (4) No significant effect of school climate on student achievement, with the Sig 0,034 <α 0.05. (5) No significant influence teacher performance on student achievement, with the Sig 0,000 <α 0.05. And together there is a significant influence leadership behavior, school climate and teacher performance on student achievement, with a value of 0,002 F Sig <α 0.05. Which means that the behavior of the leadership can not directly affect the academic achievement of students at SMAN 8 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Abidin, Munirul and Karim, Abdul Malik
Keywords: Perilaku Pemimpin; Iklim Sekolah; Kinerja Guru dan Prestasi Akademik; Leader Behavior; School Climate; Teacher Performance and Achievement
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:14
Last Modified: 03 Jan 2017 09:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item