Pengaruh penerapan information and communication technology (ICT) sebagai core process dan supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 dan SMAN 8 Kota Malang

Khoiru N., M. Irfan (2016) Pengaruh penerapan information and communication technology (ICT) sebagai core process dan supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 dan SMAN 8 Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kebutuhan masyarakat akan pentingnya kualitas pendidikan yang baik menjadikan ICT sebagai salah satu alat bantu guna meningkatkan mutu pendidikan. Banyak teori yang mengatakan bahwa penerapan ICT dapat meningkatkan mutu pendidikan seperti yang ditemukan oleh UNESCO bahwa salah satu manfaat dari ICT yaitu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan efektifitas administrasi sekolah. Sehingga dari teori tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti hasil temuan tersebut.

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh signifikan penerapan ICT sebagai core process dalam meningkatkan mutu pendidikan?. (2) apakah ada pengaruh signifikan penerapan ICT sebagai supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan?. (3) apakah ada pengaruh penerapan ICT sebagai core process dan supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan?.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regression).

Hasil analisis data dari dua sampel yaitu siswa dan guru ditemukan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan ICT sebagai core process dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pengaruh tersebut ditunjukan dengan nilai t dari siswa sebesar 6,291 dan guru sebesar 2,135. Sedangkan besar pengaruh terhadap mutu pendidikan untuk siswa sebesar 0,308 dan guru 0,103. (2) ada pengaruh signifikan penerapan ICT sebagai supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan tersebut didasarkan pada besar signifikan dari data siswa yaitu 5,517 dan guru 17,124. Sedangkan besar pengaruh terhadap mutu pendidikan yaitu 0,270 untuk siswa dan 0,830 untuk guru, (3) ada pengaruh penerapan ICT sebagai core process dan supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan tersebut didasarkan pada hasil uji F secara simultan menunjukan besar signifikansi pengaruh yaitu 75,336 menurut siswa dan 227,822 menurut guru.

ENGLISH:

Needs of the community of the importance of good quality education to make ICT as a tool to improve the quality of education. Many theories that say that the application of ICT to improve the quality of education as found by UNESCO that one of the benefits of ICT that can improve the quality of learning and improve the effectiveness of school administration. So from this theory, the researchers are searching for these findings.

The research problems are (1) whether there is a significant effect of the application of ICT as a core process in improving the quality of education ?. (2) whether there is a significant effect of the application of ICT as a supporting process in improving the quality of education ?. (3) whether there is influence the application of ICT as core processes and supporting process in improving the quality of education?.

The design used in this research is to use a quantitative approach and manifold correlational. Collecting data using questionnaires and to test the hypothesis used path analysis technique using multiple linear regression analysis.

The results analysis of the data of two samples are students and teachers found that (1) no significant influence the application of ICT as a core process in improving the quality of education. The effect is shown with a value of 6.291 t of students and teachers at 2.135. Whereas, the influence on the quality of education for students at 0.308 and 0.103 teachers. (2) No significant effect of the application of ICT as a supporting process in improving the quality of education. The findings are based on the great significance of the student data that is 5.517 and 17.124 teachers. Whereas, the influence on the quality of education that is 0.270 to 0.830 for the students and teachers, (3) there are effects of the application of ICT as core processes and supporting process in improving the quality of education. The findings were based on the results of the F test simultaneously showed significant is the effect of which 75.336 227.822 by students and by teachers.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Keywords: ICT sebagai Core Process; ICT sebagai Supporting Process; Mutu Pendidikan; ICT as a Core Process; ICT as a Supporting Process; Quality Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:14
Last Modified: 03 Jan 2017 09:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item