Kusumawati, Erna Dewi (2004) Strategi pemasaran untuk meningkatkan pembiayaan pada PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99220889.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan yang sedang dihadapi PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu sebagai salah satu lembaga keuangan Syari’ah yang memiliki misi kliusus yakni misi bisnis dan sosial. Disamping membawa misi juga membawa beban yang membuatnya harus dikelolali secara ketat agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan terhadap permintaan pembiayaan yang terus meningkat khususnya untuk sektor perindustrian, perdangangan, dan jasa. PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu yang sedang dihadapkan pada penyaluran dananya tersebut harus memiliki dan menentukan strategi yang sesuai dari sudut pandang posisi industri, tujuan, peluang, dan keahlian, serta sumber dayanya, mengingat PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu masih relatif baru berdiri dengan ketatnya persaingan yang ada.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan dan pengelolaan strategi pemasaran untuk meningkatkan pembiayaan, serta strategi apa yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan pembiyaan pada PT. BPR Syariah Bumi Rinjani Batu. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Treath) yakni analisis mengenai lingkungan baik eksternal maupun internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang sedang dihadapi PT. BPR. Syari’ah Bumi Rinjani Batu.
Berdasarkan analisis SWOT tersebut, dapat diketahui bahwa PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu memiliki kekuatan yang besar. Hal ini diantaranya ditandai dengan adanya faktor permodalan (asset) yang dimiliki, kualitas aktiva produktif, manajemen, dan likuiditas yang memiliki predikat baik/ sehat dan lokasi yang strategis. Sedangkan kelemahan yang dimiliki adalah jumlah karyawan/ tenaga pemasaran dan kualitas SDI yang kurang, produk kurang bervariasi, belum menggunakan PSAK 159, dan citra Bank belum begitu dikenal masyarakat luas. Kemudian peluang besar yang sedang dihadapi adalah berupa market share yang cukup luas. Dan ancaman yang sedang dihadapi adalah banyaknya pesaing, dan stabilitas politik yang tidak menentu/ inkondusif. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu saat ini berada pada posisi kuadran I. Dimana kuadran I merupakan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada. Dengan posisi tersebut, strategi yang tepat yang harus dilakukan oleh PT. BPR Syari’ah Binni Rinjani Batu adalah strategi Penetrasi Pasar, Strategi Pengembangan Pasar, dan Strategi Pengembangan Produk. Alasan yang mendasari adalah karena banyak calon konsumen/ nasabah yang belum terjangkau didaerah pemasaran PT. BPR Syari’ah Bumi Rinjani Batu, strategi ini dilakukan bila konsumen/ nasabah yang telah ada dianggap jenuh, atau sasaran konsumen lama sudah tidak dapat ditambah lagi sehingga perlu dicarikan konsumen/ nasabah baru yang secara geografis/ demografis berbeda dengan pasar yang lama, dan perlunya pembahan/ penyempurnaan serta penambahan produk yang sudah ditawarkan kepada konsumen/' nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir |
Keywords: | strategi pemasaran; pembiayaan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55678 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |