Mufidah, Farohatul (2015) Implementasi pelaksanaan scientific approach pada kurikulum 2013 siswa kelas 1 A di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (52MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterapkan pemerintah sebagai pengganti kurikulum tingkat satuan pendidikan. Kurikulum 2013 adalah penyederhanaan metode tematik-integratif yang mejadikan materi ajar tidak disampaikan berdasarkan mata pelajaran tertentu melainkan dalam bentuk tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Dan dalam kurikulum 2013 ini pendekatan baru yaitu pendekatan ilmiah dalam pembelajaran atau bisa dikenal dengan istilah scientific approach yang merupakan model pembelajaran untuk menuntut siswa beraktivitas sebagaimana seorang ahli sains, dalam praktiknya siswa diharuskan melakukan serangkaian aktivitas selayaknya langkah-langkah penerapan metode ilmiyah. Rumusan masalah ini adalah: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran scientific approach, (2) bagaimana pelaksanaan scientific approach, (3) bagaimana evaluasi scientific approach,. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran scientific approach, (2) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan scientific approach, (3) mendeskrpsikan bagaimana evaluasi scientific approach.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif metode ini untuk mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview (wawancara), observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi atau menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) menganalisa perencanaan pembelajaran scientific approach dalam perencanaan pembuatannya terlebih dahulu melihat pada KD, kemudian bikin indikator, tujuan, materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar, metode, langkah-langkah penerapannya, sumber media dan penilaian, (2) menganalisa pelaksanaan scientific approach guru tidak melakukan pendekatan secara berurutan. Akan tetapi, istilah scientific approach itu sudah guru terapkan dalam setiap pembelajaran, (3) menganalisa evaluasi scientific approach bahwa dalam sistematikanya Guru menggunakan penilaian penskoran seperti skor 1-4 yang ada dipenilaian unjuk kerja. Misalnya K1/ kriteria satu bercerita makan pagi bersama keluarga, kemudian K2/ kriteria dua membuat poster peraturan. Semua point dinilai sesuai peraturan yang ada di buku. Nilai penskoran jika 4 maka baik sekali, kalau 3 baik dan seterusnya.
ENGLISH:
Curriculum 2013 is the new curriculum implemented by the government in lieu of the educational unit level curriculum. Curriculum 2013 is simplification method mejadikan tematik-integrative teaching materials are not delivered by a particular subject but rather in the form of themes that integrate all subjects. And in 2013 the curriculum of this new approach is a scientific approach to learning, or could be known by the term scientific approach, which is a learning model for students demanding the move as a scientist , in practice, students are required to undertake a series of activities proper implementation steps of scientific method. The formulation of this problem are : (1) how the planning of scientific learning approach, (2) how the implementation of the scientific approach, (3) how the process of scientific evaluation approach,. The purpose of this study were: (1) describe how lesson planning scientific approach, (2) describe how the implementation of the scientific approach, (3) mendiskrpsikan how the process of scientific evaluation approach.
This study uses a descriptive-qualitative research approach this method to obtain descriptive data in the form of words written or spoken of the people and observed behavior. Key instrument is the researchers themselves, and the data collection methods used were interviews (interview), observation, documentation. Data were analyzed by reducing the data, verifying or presenting the data and draw conclusions. The results showed that, (1) analyzing the learning plan scientific approach in planning the making advance look at the basic competencies, then make the indicators, objectives, materials according to the needs of learning, methods, measures its application, media sources and assessment, (2) analyze the implementation of the scientific approach, teachers do not approach sequentially. However, the scientific approach is already applied in each learning teacher, (3) analyze the scientific evaluation process approach that in sistematikanya Teachers use assessment as a score of 1-4 scoring there dipenilaian performance. For example K1/criteria of the recalled having breakfast with the family, then K2/two criteria make posters regulations. All points assessed in accordance with existing regulations on the books. Value scoring if 4 then either once , if 3 is good and so on.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Scientific Approach; Kurikulum 2013; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:14 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5567 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |