Hasanudin, Moh. (2004) Strategi promosi dan penentuan kebijakan harga untuk memenangkan persaingan: Studi kasus di perusahaan Rokok Valas Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99220476.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era globalisasi informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, banyaknya perusahaan bergerak di bidang yang sama membuat semakin ketat pula persaingan yang ada. Dari beberapa bagian dalam bauran pemasaran, penentuan kebijakan harga dan promosi memiliki peran yang penting dalam memenangkan persaingan.
Strategi ini berusaha menjawab pertanyaan Bagaimana pelaksanaan strategi promosi yang digunakan perusahaan untuk mengenalkan produknya kepada para konsumen untuk memenangkan persaingan. Strategi apa yang digunakan dalam menentukan harga supaya bisa dijangkau konsumen dan bisa menghasilkan laba yang sebesar-besarnya. Kedua variabel ini penting untuk diteliti karena dengan pelaksanaan strategi promosi dan penentuan kebijakan harga tersebut perusahaan mengetahui kualitas dan kuantitas hasil produksinya, dan dapat mengetahui permintaan pasar terhadap harga yang ditetapkan.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian diskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk melakukan pengukuran yang cermat dan sistematis pada peristiwa tertentu dengan cara menafsirkan data yang ada. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa SWOT yaitu analisa untuk melihat kemampuan, peluang, ancaman dan kekuatan perusahaan baik diintemal perusahaan maupun extemalnya. Tanpa memperhatikan peluang dan ancaman yang ada perusahaan rokok valas Malang akan mengalami penurunan volume penjualannya. Penggunaan strategi promosi dan penentuan dalam mengambil kebijakan harga yang digunakan manajemen perusahaan rokok valas Malang adalah strategi pengikut pasar. Pengambilan kebijakan yang disesuaikan dengan kondisi intem dan extern dengan melihat posisi perusahaan melalui analisis intem dan extern perusahaan akan meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan promosi yang digunakan adalah promosi penjualan dan advertising, sedangkan dalam mengambil kebijakan harga perusahaan melihat segmen pasar yang dituju, biaya produksi dan harga daripara pesaing. Strategi yang digunakan adalah strategi satu harga untuk wilayah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi |
Keywords: | strategi promosi; penentuan kebijakan harga; persaingan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55657 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |