Penanaman nilai religius di keluarga untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah: Studi multi kasus di MI Al Khoirot dan MI Cemorokandang Kota Malang

Sutrisno, Sutrisno (2016) Penanaman nilai religius di keluarga untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah: Studi multi kasus di MI Al Khoirot dan MI Cemorokandang Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14760026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Peranan keluarga terutama orang tua dalam pembentukan kepribadian anak memang sangat penting apalagi dalam membentuk kepribadian yang bersifat religiusitas. Pendidikan relegius sangat dibutuhkan bagi anak, dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Peranan keluarga terutama orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius merupakan bagian terpenting pada kehidupan anak , maka dari itu orang tua dituntut untuk selalu mengawasi, menasehati, menjadi contoh tauladan yang baik bagi anaknya dan tidak segan menghukum dengan bijak apabila anak telah melampaui batas-batas norma agama. Adapun fokus penelitian ini, Pertama, nilai-nilai religius yang ditanamkan di keluarga pada siswa MI Al Khoirot dan MI Cemorokandang kota Malang; kedua, strategi penanaman nilai-nilai religius di keluarga siswa MI Al Khoirot dan MI Cemorokandang Kota Malang , dan ketiga, implikasi nilai-nilai religius yang ditanamkan di keluarga terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa MI Al Khoirot MI Cemorokandang kota Malang

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah tujuh keluarga dan enam guru. Untuk mendapatkan data yang relevan terhadap data yang terkumpul, maka peneliti menggunakan teknik Triangulasi.

Secara ringkas hasil penelitian ini adalah bahwa peranan keluarga terutama orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius merupakan bagian terpenting pada kehidupan anak , maka dari itu orang tua dituntut untuk selalu mengawasi, menasehati, menjadi contoh tauladan yang baik bagi anaknya dan tidak segan menghukum dengan bijak apabila anak telah melampaui batas-batas norma agama. Hal ini bertujuan agar sikap religius yang ditunjukan anak dalam masyarakat dapat terlaksana sesuai dengan harapan para orang tua. Agar nilai-nilai religius itu dapat terus terlestarikan maka orang tua harus harus berusaha menerapkan nilai-nilai religius tersebut di aktifitas keseharian anak, baik melaui mengikutkan anak-anak pada kegiatan keagamaan di kampung maupun kegitan sosial seperti kerja bakti. Sementara tugas guru disekolah, untuk melestarikan nilai-nilai religius tersebut bisa dengan program-program keagamaan seperti; sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, berdoa bersama, dan lain-lain. Dengan anak-anak terbiasa hidup dengan nilai-nilai religius di kehariannya, maka implikasi terhadap anak-anak tersebut akan termotivasi belajarnya sehingga kemandirian belajarnya akan muncul.

ENGLISH:

The role of the family, especially the parents in the formation of the child's personality is very important especially in shaping the personality that is religiosity. Religious education is necessary for children, where it directly affected the behavior and development of children. The role of family, especially parents in instilling religious values is the most important part of a child's life, and therefore the parents are required to always supervise, advise, be an example of good models for their children and do not hesitate to punish wisely if the child has exceeded the boundaries religious norms. The focus of this study, First, the values embedded in the family religious on student MI and MI Al Khoirot Cemorokandang Malang; second, planting strategies religious values in the student's family and MI Al Khoirot Cemorokandang Malang, and third, the implications of the values instilled in the family religious to increased student learning independence MI Al Khoirot Cemorokandang Malang.

In this study , researchers used a qualitative approach with case study . The data collection was done by interview, observation and documentation . The informants in this study is a family of seven and six teachers. To obtain the relevant data to the data collected, the researchers used a technique of triangulation .

In summary the results of this study is that the role of the family, especially parents in instilling the values religious an important part in a child's life, and therefore the parents are required to always supervise, advise, be an example of good models for their children and do not hesitate to punish wisely if the child has gone beyond the boundaries of religious norms. It is intended that religious attitude shown to children in the community can be accomplished in accordance with the expectations of the parents. So that religious values that can continue to be preserved, the parents should be should seek to apply those religious values in the daily activities of a child, either through include children in religious activity in the village as well as a social activity like community service. While the task of teachers in schools, to preserve the valuesthat can religious programs such as; Dhuha prayer and dhuhur congregation, prayed together, and others. With children used to live with religious values in daily, then the implications for these children will be motivated learning so that the independence of the study will appear.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sahlan, Asmaun and Mubarok, Zulfi
Keywords: Penanaman Nilai Religius; Keluarga; Kemandirian Belajar; Planting Religious Values; Family; Independence Learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:13
Last Modified: 03 Jan 2017 09:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item