Zahro, Lutfiatuz (2016) Pengembangan buku ajar berbasis multimedia pop up di kelas II MI AL-Azhaar Bandung Tulungagung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14760022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan buku ajar berbasis multimedia Pop Up merupakan salah satu sarana guna membantu memahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Buku ajar berbasis multimedia Pop Up dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajran di kelas sehingga guru tidak hanya menggunakan metode konfensional saja dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Bapak Ilham Sholeh selaku guru pengampu mata pelajaran IPS di MI Al-Azhar Bandung Tulungagung, dalam proses pembelajaran sehari-hari guru menggunakan metode ceramah yaitu menjelaskan secara lisan pembelajaran di depan kelas. Guru hanya merangkan konsep secara verbal saja. Selain itu kurangnya buku pegangan untuk guru yang dapat menunjang materi pelajaran IPS. Guru biasanya hanya menggunakan LKS maupun buku paket yang di jual di pasaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan berupa buku ajar yang berbasis multimedia pop up dengan materi di kelas II MI Al-Azhar Bandung Tulungagung. (2)Menjelaskan perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan buku ajar berbasis multimedia pop up dan yang tidak menggunakan bahan ajar multimedia Pop Up.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi ahali materi, ahli media, ahli pemebelajaran IPS/guru mata pelajaran, dan sisiwa, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan rumus uji T dan menggunakan penghitungan komputer SPSS. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada medel ADDIE.
Hasil dari penelitian Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up di kelas II MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung adalah (1) Buku ajar berbasis multimedia Pop Up ini di dalamnya terdapat materi ajar, video penunjang pembelajaran, game puzzle serta quiz untuk latihan siswa. buku ajar berbasis multimedia Pop Up ini menggunakan aplikasi adobe flash 8.1 dengan size 666 MB. (2)Memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 85%, ahli media mencapai 79% untuk ahli pembelajaran IPS mencapai 93%, untuk hasil uji coba kelompok kecil 93%, dan untuk hasil uji coba lapangan mencapai 95%. Buku ajar berbasis multimedia Pop Up ini secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan melihat nilai rata-rata dari kelas eksperimen 93 dan dari kelas kontrol 68. Pada uji T dengan menggunakan rumus uji t-tes berkorelasi dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 8,27 ≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yang dikembangkan. Hasil dari penghitungan SPSS nilai sig. (2-tailed) yakni 0,000, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar IPS berbasis multimedia pop up lebih baik hasil belajarnya dari pada siswa yang tidak menggunakan buku ajar IPS berbasis multimedia pop up. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar ini layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Multimedia Pop UP The development of multimedia Pop Up -based teaching books is one of the means to help hang the student in the learning process. Multimedia Pop Up -based teaching books can be used as tools in the teaching process in the classroom so that teachers do not just use any conventional methods in teaching. Based on the results of interviews with Mr. Ilham Sholeh as social studies teacher at MI Al-Azhar Bandung Tulungagung, in the everyday learning process teachers use the lecture method that is explain the lesson verbally in front of the classroom. Teachers explain the concept verbally only. Besides the lack of a handbook for teachers to support the social science subject. Teachers usually only use the worksheets and textbooks that have sold in the market.
The purpose of this study is (1) describe the specifications of the product produced in the form of multimedia pop up-based textbook with material from the class II MI Al-Azhar Bandung Tulungagung. (2) Explain the differences in social science learning outcomes that uses multimedia pop up-based teaching book and are not using multimedia pop up-based teaching materials.
Research form used by the researchers was a descriptive analysis of qualitative and quantitative data. Research with qualitative approach using material experts, media experts, social science teaching experts / subject teachers, and the students as validation, while descriptive quantitative research using the formula T test and using SPSS computer calculation. This type of research is Research and Development, which refers to the ADDIE model.
The results of the study Based Multimedia Pop Up Development Textbook in class II MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung is (1) Textbooks multimedia Pop Up –based, this included a teaching materials, learning support video, puzzle games and quizzes for student exercises. multimedia Pop Up -based teaching books using applications adobe flash 8.1 with 666 MB size. (2) Meets the criteria for a valid test with validity matter experts reached a level of 85%, reaching 79% of media experts for learning experts IPS reached 93%, for a small group of test results 93%, and for the results of field trials reached 95%. Adobe flash-based teaching materials effectively improve student learning outcomes by looking at the average value of the experimental class of class control 93 and 68. At the T test using test formula t-test correlated with a 95% confidence level results obtained t calculate ≥ t tables of 8.27 ≥ 2.14 means Ho rejected and Ha accepted. Thus, there is a significant difference to the textbook which is developed. The results of calculation of SPSS sig. Value (2-tailed) is 0,000, this shows that results for students who use multimedia pop up -based IPS textbook have better learning results than the students who did not use multimedia pop up -based IPS textbooks. This indicates that the product developed has high qualification level of validity, so it's a good teaching materials used in learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Faisal, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar; IPS; Multimedia Pop Up; Development of Multimedia Texbook; IPS | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:13 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5563 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |