Rofiah, Saidatur (2016) Pengembangan bahan ajar Al-Qur’An Hadis berbasis game di MI Ma’Arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Al Qur’an hadis secara umum dipandang sebagai mata pelajaran yang memiliki persepsi yang tidak baik dan kurang diminati siswa dikarenakan siswa kebanyakan dituntut untu hafalan surah ataupun hadis beserta artinya, dan siswa merasa terbebani dengan perintah guru yang mewajibkan hafal dan harus bisa, serta gaya belajar yang membuat siswa merasa bosan untuk belajar. Untuk pembelajaran yang lebih eektif maka dengan memanfaatkan teknologi informasi maka dibuat pengembangan bahan ajar berbasis game untuk dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk spesifikasi bahan ajar al Qur’an hadis berbasis game di MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan, 2) Untuk membuktikan efektifitas bahan ajar al Qur’an hadis berbasis game di MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis game. Desain yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini mengadopsi pada model desain ADDIE. Adapun tahap pengembangannya melalui lima tahap, yakni 1) tahap analysis, 2) tahap design, 3) tahap development, 4) tahap implementation, dan 5) tahap evaluation.
Pengembangan bahan ajar ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis game di MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan. Dari hasil validasi bahan ajar ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan presentase rata-rata dari validasi ahli isi (materi) 97,00% menyatakan sangat valid, hasil validasi ahli media desain pembelajaran 77,00% menyatakan valid, hasil validasi ahli mata pelajaran (guru) 98,00% menyatakan sangat valid. Hasil presentase tingkat kevalidan pada uji coba kelas I A MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan menunjukkan 87,00% menyatakan sangat valid. Dari hasil analisis data melalui rumus uji t-test berkorelasi (related), menghasilkan t hitung = 3,94 > t tabel = 2,14, sehingga terdapat perbedaan pada siswa yang menggunakan bahan ajar dengan yang tidak. Bahan ajar berbasis game yang telah dikembangkan memiliki tingkat relevansi yang baik dengan kurikulum yang ada, materi bahan ajar mudah dipahami, bahasa yang dugunakan lebih sederhana serta contoh-contoh yang sesuai dan dekat dengan kehidupan siswa. Hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Al Quran hadits is generally seen as a course subject which has bad perception and less interesting for the students because they are required to memorize the surah and hadits with the translations. Moreover, the students feel bored by the teaching style. To make the teaching and learning more effective and to help the students in this process, the researcher develops teaching materials game based.
This research aims to: 1) to specify the teaching materials of al Quran hadits game based in MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan, 2) to prove the effectiveness of teaching material al Quran hadits game based in MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan.
The method of this research is Research and Development to produce teaching materials based game. The design used in developing teaching materials is adopted in the design model ADDIE. The steps of the development are: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, and 5) evaluation.
The development has created teaching material based game in MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan. The validation result shows mean percentage from material expert validator 97.00% which means high validity, the validation result of teaching media designer shows 77.00% says valid, the validation result from course expert (teacher) says 98.00% high validity. The percentage result of test in class IA in MI Ma’arif NU Nogosari Pandaan Pasuruan shows 87.00% validity. The data analysis from formulation of related t-test shows tmeasure = 3.94 > ttable = 2.14, which means there are differences between the students who use teaching material and who do not. The teaching materials game based which has been developed has good relevance level with the curriculum. The material is easy to be understood, uses simple language, has related examples and close to students’ life. The result can improve students’ learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah and Faisal, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Berbasis Game; Al-Qur’an Hadis; Development; Teaching Material; Game Based; AL Quran Hadits | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:13 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5562 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |