Taqyudin, Imam (2004) Penerapan strategi dan konsep pemasaran pada industri kecil Kerajinan Furniture di Kelurahan Tunjung Sekar dalam menghadapi pasar global. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99220029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Industri kecil merupakan mata pencaharian 99% rakyat Indonesia dan penopang perekonomian nasional, pada era pasar global ini dipertanyakan kemampuan industri kecil dalam menghadapinya. Karena dengan munculnya wacana pasar global, industri kecil akan mengalami persaingan global di dalam negri sendiri, disebabkan banyaknya produk-produk luar yang masuk dengan bebas ke dalam negri. Untuk itu penerapan strategi dan konsep pemasaran yang efektif mutlaq diperlukan guna eksistensi mereka di pasar persaingan global, khususnya bagi industri permebelan yang saat ini persaingannya begitu ketat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi pelaksanaan strategi dan konsep pemasaran serta untuk mengetahui pemahaman pengusaha dan pengrajin industri kecil furniture di kelurahan Tunjung Sekar mengenai pasar global.
Penelitian mi merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan memaparkan dengan jelas dan apa adanya kondisi yang diteliti. Data yang diperoleh terlebih dahulu dianalisis dengan menggunakan analisis tema (icontent analysis) yaitu metode menganalisa data dengan berbentuk uraian data dan penyelesaian laporan yang diterima dan dikumpulkan serta dianalisis sehingga mendapatkan suatu kesimpulan yang benar. Dan untuk mendeskripsikan tujuan penelitian, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif'kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti .adalah; dari 57 pengusaha dan pengrajin industri kecil furniture kelurahan Tunjung Sekar ditemukan 26 responden (46) telah melaksanakan strategi pemasaran dengan baik, sedangkan sebanyak ?9 (50%) responden telah menerapkan konsep pemasarao dengan cukup baik, dan untuk pemahaman pasar global ditemukan bahwa dari 57 pengrajin dan pengusaha sebanyak 10 responden yang telah memahami dengan cukup baik tentang pasar global.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini, yakni sebagian besar pengrajin dan pengusaha furniture kelurahan Tunjung Sekar belum siap dalam menghadapi pasar global. Meskipun kebanyakan dari mereka telah menerapkan strategi dan konsep pemasaran dengan baik, namun dirasakan belum memadai Jika ternyata sebagian besar dari pengrajin dan pengusaha ini masih belum memahami dengan baik konsep pasar global.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad |
Keywords: | Konsep Pemasaran; Strategi Pemasaran; Industri Kecil Pasar Global |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55607 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |