Pengembangan modul bahasa Jawa berbasis nilai-nilai islami dengan menggunakan multimedia pada kelas IV MIN Malang 2

Marlina, Tuti (2016) Pengembangan modul bahasa Jawa berbasis nilai-nilai islami dengan menggunakan multimedia pada kelas IV MIN Malang 2. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14760006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Menurut Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 Pasal 20 mengisyaratkan bahwa guru diharapkan mengembangkan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, sebagai pendidik sudah sepatutnya untuk mengembangkan modul sebagai media pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalisasikan TIK sebagai media dalam kegiatan pendidikan. Salah satunya adalah pembuatan multimedia. Karena untuk mengatasi dampak negatif dari globalisasi diperlukan kepribadian yang kuat, motivasi yang tinggi dan internal locus of control yang kuat pula, maka, perlu adanya pengembangan multimedia berbasis nilai.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dan pengembangan yang berupa pengembangan modul Bahasa Jawa berbasis nilai-nilai Islam dengan menggunakan multimedia, menjelaskan langkah-langkah dalam mengembangkan produk serta menguji tingkat kelayakan, keefektifan, serta kemenarikan produk pengembangan untuk kelas IV MIN Malang 2.

Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian pengembangan (Educational Research and Development). Pada model desain penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sedangkan untuk menganalisis tingkat kelayakan, keefektifan dan kemenarikan produk, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang diberikan pada tiga validator (ahli multimedia, ahli materi, dan ahli bahasa) serta tanggapan seluruh siswa terhadap kemenarikan produk pengembangan. Sebagai data penguat, peneliti juga menguji cobakan produk serta memberikan penilaian pada siswa sebelum dan setelah produk pengembangan diajarkan (uji pretest dan postest).

Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia Bahasa Jawa berbasis nilai-nilai Islami dinyatakan sangat layak oleh validator ahli multimedia dengan skor perolehannya sebesar 92% dan 91%. Pernyataan tersebut diperkuat oleh validator ahli bahasa yang memberikan penilaian sebesar 93,34% dan 95%. Pada aspek keefektifan produk, guru sebagai validator ahli materi memberikan penilaian sebesar 77,4%, serta diperkuat dari data nilai pretest dan postest siswa yang menyatakan bahwa adanya pengaruh antara sebelum dan setelah produk diajarkan. Dengan demikian, produk pengembangan dapat dinyatakan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada aspek kemenarikan multimedia, skor yang didapat dari tanggapan siswa mencapai angka 91,5%, sehingga multimedia dinyatakan menarik.

Peneliti sekaligus pengembang berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak sekolah (guru dan siswa) MIN Malang 2 secara khusus serta bagi seluruh pendidik dan peserta didik Sekolah Dasar secara umum. Produk pengembangan yang dihasilkan pada penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dapat pula dikembangkan atau dianalisis kembali sesuai kebutuhan pengguna.

ENGLISH:

According to the government regulations no 19 of 2005 clause 20 suggests that teachers are expected to develope the learning materials. Therefore, the teachers should to developing the module as a medium of learning. One of the way is to optimize ICT as a medium in educational activities with multimedia production. This is due to solving the negative impacts from globalizations needed a strong personality, high motivation and strong internal locus of control so that need for a multimedia development based values.

This researched is purposed to description the result of this researched and development is the module development of java language based islamic’s value by using multimedia, to describes the steps in product development and to examine the feasibility, effectiveness and attractiveness of product development in the IV grade MIN Malang 2.

This researched is used to approaching research development (educational research and , development). In the research design of model development, this researcher using by ADDIE model ( Analysis, design, development, implementation, evaluation). As for analyzing the levels of feasibility, effectiveness and attractiveness of product, the researcher is using by instrument research be in the form of questionnaires were given to the three validators (the expert of multimedia, the expert of materials and the expert of language) and as well as the entire student responses to the attractiveness of the product development. As the data amplifier, the researchers also testing the products and provide assessments on students before and after product development is taught (test pretest and posttest).

These research and development results indicate that the Java-based multimedia language Islamic values ​​expressed very decent validator multimedia experts with a score of placement of 92% and 91%. The statement was reinforced by the validator linguists who provide ratings of 93.34% and 95%. In the aspect of product effectiveness, the teacher as the validator materials experts to provide an assessment of 77.4%, and reinforced the value of the data pretest and posttest of students stating that their influence between before and after the product is taught. Thus, product development can be declared effective for applied learning. On the attractiveness of the multimedia aspect, scores obtained from the responses of students reached 91.5%, so that the otherwise attractive multimedia.

Researcher and developer hopes that this research will be beneficial to the school (teachers and students) MIN Malang 2 specifically and for all teachers and students of elementary schools in general. Product development is generated in this study can be applied in teaching and can be developed or re-analyzed according to user needs.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali, Nur and Marno, Marno
Keywords: Pengembangan; Modul; Nilai-Nilai Islami; Multimedia; Development; Module; Islamic’s Value; Multimedia
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:13
Last Modified: 03 Jan 2017 09:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item