Nurdiana, Eva (2015) Pengembangan bahan ajar IPA tematik berbasis agama dan sains kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungkandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Peserta didik pada jenjang pendidikan sekolah dasar berada pada aspek perkembangan kecerdasan IQ, EQ, dan SQ yang luar biasa. Pada saat usia tersebut, peserta didik memiliki ciri- ciri atau karakteristik yang berbeda. Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional berupaya untuk mewadahi sekaligus berusaha mengimplementasikan hal tersebut melalui perubahan kurikulum pada tahun 2013. Untuk kurikulum SD/MI, mata pelajaran yang menjadi organisasi komptenesi dasar dilakukan melalui pendekatan terintegrasi. Pada jenjang pendidikan tingkat SD/MI, perangkat pembelajaran dirancang dengan harapan memiliki kesuaian dengan subyek siswa SD secara umum. Hal ini berakibat pada kurang optimalnya muatan materi yang tertuang pada setiap tema dan sub tema, yang secara praktis dapat diintegrasikan dengan kajian keIslaman baik yang bersumber dari al-Qur’an maupun al-Hadist, dan pendalaman sains, yang diharapkan menjadi kelebihan atau keunggulan, terutama pada siswa yang menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Islam maupun Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Uji coba awal (5) Revisi produk (6) Uji coba lapangan (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir (10) Desiminasi dan implementasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, lembar angket dan soal tes. Pedoman wawancara digunakan untuk menemukan permasalahan dan keterbutuhan terhadap produk pada saat studi pendahuluan. Lembar angket validasi untuk mengukur kevalidan bahan ajar yan dikembangkan. Lembar angket untuk siswa digunakan untuk mengukur kemenarikan bahan ajar. Soal pretest dan postest digunakan untuk mengukur keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran IPA Tematik Berbasis Agama dan Sains Kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungkandang Malang. Hasil validasi dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa (1) Pengembangan bahar ajar IPA Tematik Berbasis Agama dan Sains Kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungkandang Malang layak digunakan dalam pembelajaran (2) Menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Students in elementary school are on the developmental aspects intelligence of IQ, EQ, and SQ and these are very incredible. At that age, students have different characteristics with students who are in high class of education. The Governments through the Ministry of National Education strive to accommodate and also try to implement it through the curriculum 2013. For elementary school curriculum, the subjects are organization of basic competence through an integrated approach. At the elementary school, set of equipment study is designed by hoping of having appropriate to elementary students in general subjects. This resulted in less optimal load material contained in each theme and sub-theme, which practically can be integrated with Islamic studies, both from the Qur'an and al-Hadith, and adding sains lesson which are expected to be excess or superiority, especially on students who are educated in Islamic Elementary School.
The method of this study is research and development (R&D) from Borg and Gall model. The research procedure consisted of (1) Research and information collecting (2) Planning (3) Develop primary form of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main field testing (7) Operasional product revision (8) Operational field testing (9) Final product revision (10) Dessimination and implementation. The data collection techniques are interviews, questioneres and tests. The interviews guide is used to collect the information in the preliminary study. The validation questioneres sheet used to measure the validity of the development teaching material. The questioneres for the students used to measure the attractiveness of the development teaching material. Pretest dan postest questions used to measure the effectiveness of development teaching material. The result of this study is the Development of Natural Science Thematic Materials Based on Religious and Sains Integrated In Fourth Grade MI Nurul Hikmah Kedungkandang Malang. The result of the validation and product testing indicated that (1) Development of Natural Science Thematic Materials Based on Religious and Sains Integrated In Fourth Grade MI Nurul Hikmah Kedungkandang Malang can be used (2) attractive and effective to be used in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Tematik; Agama; Sains; Development of teaching material; Thematic; Relegion; Sains | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:16 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5557 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |