Pengaruh program baca tulis Qur’an terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas III di MIN Sukosewu Blitar

Fadilah, Yulita Ivanatul (2016) Pengaruh program baca tulis Qur’an terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas III di MIN Sukosewu Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Baca Tulis Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih memahami isi kandungan Al-Qur’an khususnya dan memahami islam umumnya. Karena syariat islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an dan Hadits ini dipelajari dalam sebuah mata pelajaran yaitu Al-Qur’an Hadits. Program Baca Tulis Qur’an ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui program Baca Tulis Qur’an siswa kelas III di MIN Sukosewu Blitar, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas III dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Sukosewu Blitar, (3) Mengetahui pengaruh program Baca Tulis Qur’an terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN Sukosewu Blitar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap Program Baca Tulis Qur’an dan prestasi belajar yang dipersepsikan siswa. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah distribusi frekuensi dan analisis regresi linier sederhana, dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya adalah uji t dan uji f.

Dari hasil penelitian secara analisis bahwa program Baca Tulis Qur’an di MIN Sukosewu Blitar kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan presentasi hasil angket siswa dalam kategori baik dengan prosentase sebesar 27% dan untuk kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 31%. Sedangkan untuk prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MIN Sukosewu Blitar dikategorikan baik, karena siswa yang memperoleh nilai baik sebanyak 29% dan untuk kategori baik sekali sebanyak 32%. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tentang program Baca Tulis Qur’an terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MIN Sukosewu Blitar.

ENGLISH:

Qur'an Literacy is the basic knowledge to be better in understanding the contents of the Qur'an in particular and understanding of Islam generally. Because of the Islamic Sharia is the source of the Qur'an and the Hadith which both use Arabic. Al-Qur'an and the Hadith are studied in a subject; it was the Qur'an and hadith. Qur'an Literacy Program is expected to support the achievement of the target on the subjects of the Quran Hadith.

The purpose of this study was to: (1) Determine the Qur'an Literacy program of third-grade students in MIN Sukosewu Blitar, (2) Determine the student achievement of class III in learning the Qur'an hadith in MIN Sukosewu Blitar, (3) Determine the influence of the Qur'an Literacy program on the student achievement in the Quran Hadith learning of class III in MIN Sukosewu Blitar.

The approach that was used in this study was a quantitative approach to the type of correlational research, the research required to use numbers that began collecting data until the appearance of the results and aimed to discover whether there was any relationship between the variables studied. In this research instrument used s a questionnaire that was to reveal the Quran Literacy Program and perceived student learning achievement. Analysis of the data used the frequency distribution and simple linear regression analysis, and to test how much influence of the t test and f.

From the research analysis results of the Qur'an Literacy program in MIN Sukosewu Blitar were very good category. This was evidenced by the presentation of the results of the questionnaire of the students in both categories with a percentage of 27% and for the excellent category with a percentage of 31%. As for the learning achievement of Al-Qur'an Hadith of third grade students in MIN Sukosewu Blitar was categorized as good, because students who obtained good grades was 29%, and very good categories was as much as 32%. The conclusion that there was a significant positive effect on the Quran Literacy program on student achievement in learning the Quran Hadith of class III in MIN Sukosewu Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Program Baca Tulis Qur’an; Prestasi Belajar Siswa; Qur'an Literacy Program; Student Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:16
Last Modified: 05 Jan 2017 01:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item