Sari, Wahyu Andriana (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku ini siswa dituntut untuk mengetahui keunikan di suatu daerah secara konkrit, karena jika hanya disampaikan melalui ceramah, peserta didik dirasa kurang memahaminya. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran interaktif sebagai alat bantu untuk mengkonkritkan suatu materi tersebut. Namun kenyataannya di lapangan masih sedikitnya ketersediaan media pembelajaran tematik. Untuk mengatasi tersebut, maka dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran interaktif pada Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Media pembelajaran interaktif merupakan strategi dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan penyajian materi secara lebih konkrit kepada siswa.
Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembanagan (Research and Development), dimana metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan dan kemenarikan produk tersebut, Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall.
Pengembangan ini telah menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Hasil validasi media pembelajaran ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan presentase rata-rata dengan validasi ahli isi (materi) 92,3% menyatakan valid, hasil validasi ahli desain media pembelajaran 80% menyatakan valid, hasil validasi guru kelas IV 95% menyatakan valid. Hasil presentase tingkat kevalidan pada uji coba kelas IV MI Perwanida Kota Blitar menunjukkan 83,9% menyatakan valid. Dari hasil analisis data melalui rumus uji t-test berkorelasi (related), menghasilkan t hitung = 3,89 >t tabel = 1,701, sehingga terdapat perbedaan pada siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki tingkat relevansi yang baik dengan kurikulum yang ada, materi media pembelajaran mudah dipahami, serta petunjuk penggunaan yang sederhana. Hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
In this Subtheme 2 of the uniqueness of my neighborhood, the students are required to determine the uniqueness of a concreteregion, because if it is only delivered through lectures, the students felt less understood. Therefore, the need for an interactive learning media is as a tool to make concrete some of the material, butin the reality is lack ofthematic learningmedia. To overcome these, so in this research developed an interactive learning media on Subtheme 2 of the uniqueness of my neighborhood. Media interactive learning is a strategy to streamline the learning process and the presentation of the more concrete material to students.
The form of the research used a method of research and development which was used to produce a specific product and test the effectiveness and attractiveness of the product, method of research and development referred to the model of the Borg and Gall.
This research resulted interactive learning media products on Subtheme 2 of the uniqueness of my neighborhood. Instructional media validation results showed the validity of which is evident by the average percentage with expert validation contents (matter), it was 92.3% that was declared valid, the results of the validation of media design experts was 80% that was declared valid, a validation result of fourth grade teacher was 95% that was declared invalid. The results of the percentage level of validity of the trial of class IV MI Perwanida Blitar showed 83.9% that was declared invalid. From the analysis of the data through a formula correlated t-test (related)generated tcount = 3.89> t table = 1.701, so that there was a difference in students who had been using interactive learning media and who had been not using interactive learning media. Instructional media that had been developed had a good level of relevance with the existing curriculum, instructional media material was easy to understand and simple instructions. The result of these developments that had been developed was able to improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Interaktif; Hasil Belajar; Developing; Learning Media; Interactive; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:16 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |