Pengaruh penerapan papan prestasi terhadap motivasi siswa menghafal Juz Amma di SD Muhammadiyah 09 “Panglima Sudirman” Malang

Fauzia, Noka Syafila (2016) Pengaruh penerapan papan prestasi terhadap motivasi siswa menghafal Juz Amma di SD Muhammadiyah 09 “Panglima Sudirman” Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Papan prestasi merupakan sebuah media visual yang tidak diproyeksikan yaitu media sederhana tidak membutuhkan proyektor dan layar untuk memproyeksikan perangkat lunak. Media papan prestasi sendiri ialah media yang terbuat dari papan tripleks yang diaplikasikan cat berwarna dan berbagai hiasan dan kartu yang berbentuk bintang serta namma – namma siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Papan Prestasi Terhadap Motivasi Siswa Menghafal Juz Amma di SD Muhammadiyah 09 “Panglima Sudirman” Malang pada tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 32 siswa sebagai responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis Cluster Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis signifikansi, dan koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut :
(1)Diperoleh hasil angket penerapan papan prestasi memiliki nilai rata-rata pada kriteria baik yaitu sebesar 59,375% dari 100%. (2) Motivasi menghafal Juz Amma dikatakan baik karena diperoleh distribusi frekuensi yang telah diolah dari data angket ke dalam bentuk prosentase yaitu sebesar 71,875%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel penerapan papan prestasi dengan motivasi menghafal juz amma siswa, hasil tersebut dibuktikan dengan nilai sig. sebessar 0,018 <ɑ(0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh antara kedua variable.

ENGLISH:

Achievement board is a visual medium that is not projected, it is simple media that does not need a projector and a screen to project the software. achievements boards Media is the medium that are made of plywood applied colored paint and a variety of ornaments and star-shaped cards and the names of students.

This study aimed to determine the influence of implementation of achievement board against student motivation to memorize Juz Amma At SD Muhammadiyah 09 "Panglima Sudirman" Malang in the academic year 2016/2017.

This study was the quantitative approach. Total populations of this study were 32 students as respondents. Selection of the sample used techniques Probability Sampling of types of cluster sampling. Data were collected using a questionnaire with Likert scale and documentation. Test requirements analysis used normality test and linearity test. The analytical method used simple regression analysis, analysis of significance, and the coefficient of determination.

Results of research were as follows:
(1) Indicatedboard achievement application questionnaire results had an average value on a good criterion that was equal to 59.375% from 100%. (2) Motivation to memorize Juz Amma said to be good because it was obtained frequency distribution that had been processed from the questionnaire data into a percentage that was equal to 71.875%. (3) There was a significant relationship between the variables of board achievement application with motivation to memorize juz amma of students, the results were evidenced by sig. of 0,018 <ɑ (0.05) which showed the influence between the two variables.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Penerapan Papan Prestasi; Motivasi Siswa Menghafal Juz Amma; Implementation Board Achievement; Motivation Students Memorize Juz Amma
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:16
Last Modified: 03 Jan 2017 09:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item View Item