Konsep Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur'an: Perspektif Ahmad Mustofa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi, dan signifikansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia

Zaman, Moh. Kamilus (2016) Konsep Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur'an: Perspektif Ahmad Mustofa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi, dan signifikansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13770042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan karakter dan Tazkiyat Al-Nafs memiliki hubungan yang sangat erat yang satu sama lainya tidak dapat dipisahkan, karena pendidikan karakter berfungsi dalam mengembangkan kreatifitas dan produktifitas, juga berperan besar dalam upaya mengembangkan moralitas dan penenaman nilai-nilai, baik nilai-nilai insani maupun nilai-nilai ilahi, Sedangkan tazkiyat Al-nafs merupakan kebutuhan pokok yang harus diperhatikan dan dipenuhi agar tercipta jiwa yang salih, keluarga yang salih, masyaraikat yang salih, bangsa yang salih dan dunia yang salih.

Fokus penelitian ini adalah Apa Pengertian Tazkiyat Al-Nafs dalam Tafsir Al-Maraghi yang memiliki signifikansi dengan pendidikan Karakter di Indonesia. Bagaimana Tujuan Tazkiyat Al-Nafs dalam Tafsir Al-Maraghi yang memiliki signifikansi dengan pendidikan Karakter di Indonesia. Bagaiman Metode Tazkiyat Al-Nafs dalam Tafsir Al-Maraghi yang memiliki signifikansi dengan pendidikan Karakter di Indonesia.

Jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan Menggunakan Sumber Data memakai Bahan Primer dan Bahan Sekunder.Teknik Pengumpulan Data karena ini memakai Metode tafsirnya Maudu’i maka langka-langkahnya 1).Mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Mempelajari dan meneliti ayat-ayat tersebut lalu mengklasifikasikannya menjadi bagian-bagian yang akan dikaji.2).Mengumpulkan dan mempelajari literatur-literetur yang masih berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. 3).Mengkaji dan menganalisis masalah yang sedang dibahas. 4).Membuat kesimpulan dari masalah yang dibahas. Sedangkan untuk Teknik Analisis Data menggunakan 1). Metode Deduktif 2). Metode Induktif 4). Metode Komparatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Dimensi Pengertian Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur’an persepektif: Ahmad Mustofa Al-Maraghi dan Signifikansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. 1).Aqidah yang kotor diantaranya: Pertama: Meningkatkan amal ibadah yang lebih baik dan khusyuk serta lebih ikhlas. Kedua: Meningkatkan penghambaan jiwa kepada Allah SWT. Ketiga: mendidik kebiasaan baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Beribadah Kepada Allah SWT. 2).Akhlak-Akhlak Madmumah/ jahiliyah. Pertama menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa. Kedua mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya. Ketiga mengajari sesuatu yang baik mentaati peraturan, tidak munafik, menghindari sifat-sifat yang buruk, Riya’, hidup menurut norma dan etika sosial, jujur, tidak suka berbohong (berdusta), tidak mendlolimi orang lain, memiliki cita- cita untuk membangun bangsa ini dengan melalui Memperbaiki diri dan Memperbaiki Tatanan Sosial. Keempat membantu anak didik untuk dapat memuliakan hidup tidak hanya membantu anak didik, agar hidupnya berhasil tetapi lebih-lebih agar hidupnya bermakna.

(2). Dimensi metode Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur’an persepektif: Ahmad Mustofa Al-Maraghi dan Signifikansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. 1).(meluruskan, memperbaiki Aqidah yang rusak). Pertama: Shalat, doa dan dzikir signifikan dengan metode pendidikan karakter Hiwar dan Percakapan.Kedua: Membaca Al- Qur’an signifikan dengan metode pendidikan karakter Metode Ngerti, Metode Ngrasa, Metode Nglakoni. metode ngerti Ketiga: Muhasabah (Instropeksi Diri) signifikan dengan metode pendidikan karakter qishah atau cerita. Keempat: metode Ikhlas signifikan dengan metode pendidikan karakter metode pembiasaan. Kelima: Zakat, infaq signifikan dengan metode pendidikan karakter metode uswah dan keteladanan yang dipakai dalam pendidikan karakter. Metode ini sering diterapkan di sekolah dengan cara guru mengajak peserta didik mengamati bacaan-bacaan maupun tayangan berupa keteladanan orang-orang disekitar kita sehingga peserta didik dapat meniru keteladanan tersebut. 2). Metode Tazkiyat Al-Nafs (membersihkan akhlak-akhlak madmumah/ jahiliyah) pertama: metode Puasa, Santun dan penuh kasih sayang, Menghilangkan sifat Dengki, Tunduk (Tawaddu’) dan Berbuat Baik signifikan dengan metode pendidikan karakter Metode Targhib dan tarhib (janji dan ancaman).

(3). Dimensi tujuan Tazkiyat Al-Nafs dalam Al-Qur’an persepektif: Ahmad Mustofa Al-Maraghi dan Signifikansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. mendidik, memperbaiki, menghindarkan peserta didiknya dari perbuatan-perbuatan yang tercela (mensucikan). membentuk, menanamkan, memfasilitasi, dan mengembangkan nilai-nilai positif pada anak dengan membersihkan Diri dari berbagai perbuatan yang merusak dirinya, dan lingkungan. sehingga menjadi pribadi yang unggul dan menjadi Pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT.

ENGLISH:

Character education and Tazkiyat Al-Nafs has a relationship very closely to each other cannot be separated, because the character education function in developing creativity and productivity, also plays a major role in the effort to develop morality and planting values, good human values as well as the divine values, whereas tazkiyat Al-nafs is a basic requirement which must be observed and fulfilled in order for the soul created by salih salih family, the masyaraikat, salih, the nation and the world that salih salih.

The focus of this research is what Understanding Tazkiyat Al-Nafs in Tafsir Al-Maraghi which have significance with character education in Indonesia. How Goal Tazkiyat Al-Nafs in Tafsir Al-Maraghi which have significance with character education in Indonesia. How Test Tazkiyat Al-Nafs in Tafsir Al-Maraghi which have significance with character education in Indonesia.

This type of research libraries (library research), by using the Data Source Material Primary wear and material Data collection techniques are secondary. because of this wear tafsirnya Maudu'i Method then stride rare-1). Collect the verses relating to issues that will be discussed. Studying and researching the verses and then classifying it into pieces that will be examined. 2). Collecting and studying literature-literetur which is still related to the issues that will be discussed. 3). Review and analyze the issues that are being discussed. 4). Make the conclusion of the issues discussed. As for the Data analysis techniques using 1). Deductive method 2). Inductive method 4). The Comparative Method.

The results of this study show that, (1) Understanding Dimensions Tazkiyat Al-Nafs Al-Qur'an in perspective: Ahmad Mustofa Al-Maraghi and their significance to education Characters in Indonesia. 1). dirty Aqeedah include: first: Increase of charity worship better and khusyuk as well as more sincere. Second: improve the servitude of the soul to God Almighty. Third: educate good habits to be closer to Allah and Worship to God Almighty. 2.) Morals-the morals of Madmumah/person dies. The first being part of the process of formation of the morals of the nation's children. Both embody the noble character of society, moral, ethical, cultured. Third teach something good to obey the rules, not hypocritical, avoiding the bad traits, Riya ', live according to the norms and social ethics, honestly, do not like to lie (lie), not mendlolimi others, has a goal to build this nation through self-improvement and improve social order. The four help protégés to be able to glorify life not only helps the protégé, in order that his life is successful but more so in order to make her life meaningful.

(2) Dimension method Tazkiyat Al-Nafs Al-Qur'an in perspective: Ahmad Mustofa Al-Maraghi and their significance to education Characters in Indonesia. 1). (straighten, repair damaged Aqidah). First: Pray, prayer and remembrance of the significant character education Hiwar and conversations. second: read the Qur'an with significant method of character education Method Ngrasa Method, Understand, the method Nglakoni. method three: understand Muhasabah (Self Instropeksi) significantly with educational method qishah character or story. Method four: Sincere significant conditioning methods of character education methods. Fifth: religious obligatory, infaq significantly with the method of character education and example uswah method used in character education. This method is often applied in school with how teachers engage learners observe readings as well as impressions in the form of example of people surrounding us so that learners can emulate the example. 2). Method Tazkiyat Al-Nafs (clean morals-the morals of madmumah/person dies) first: the method of Fast, Polite and compassionate nature, eliminate Hatred, subject to (Tawaddu ') and doing well is significant with the method of character education method of Targheeb and tarhib (promise and threat).

(3) the dimensions of the destination Tazkiyat Al-Nafs Al-Qur'an in perspective: Ahmad Mustofa Al-Maraghi and their significance to education Characters in Indonesia. educate, improve, obviating the participants his protégé of dishonorable deeds (purify). form, infuse, facilitate, and develop positive values in children with rid yourself of the various acts damaging to himself, and the environment. so it becomes a winning personal and become devoted to God Almighty.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mujab, M. and Hamidah, Tutik
Keywords: Tazkiyat Al-Nafs; Pendidikan Karakter; Tazkiyat Al-Nafs; character education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:17
Last Modified: 03 Jan 2017 09:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item