Responsive Banner

Pengaruh atribut produk mie terhadap keputusan pembelian di Pondok Pesantren Al-Isvhar Prambon Nganjuk

Ningsih, Lestari (2004) Pengaruh atribut produk mie terhadap keputusan pembelian di Pondok Pesantren Al-Isvhar Prambon Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
00220074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Konsumen merupakan obyek bagi produsen untuk melakukan kegiatan pemasarannya. Sistem pemasaran yang tepat adalah media yang menjembatani komunikasi yang harmonis antara produsen dan konsumen, sehingga dapat memuaskan kebutuhan diantara kedua belah pihak. Pengamatan yang tepat terhadap kondisi pasar termasuk konsumen di dalamnya mempengaruhi pengambilan kebijakan produsen sekaligus mencapai tujuan pemasaran. Penelitian ini mengkaji hubungan dan pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk makanan dikalangan komunitas religius dan variabel dari atribut produk manakah yang paling dominant pengaruhnya terhadap kepeutusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian dikalangan komunitas religius, serta mengetahui variabel atribut yang paling dominant pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori yaitu hubungan kausal antra variabel-variabel didalam penelitian melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas yang diteliti yaitu: Merek, pelabelan, kemasan, dan bahan. Sedangkan vanabel terikatnya adalah: Pembelianproduk makanan oleh komunitas religius. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri wan dan santriwati pondok pesantren Al-Isyhar Prambon nganjuk. Untuk pengambilan sampelnya digunakan metode pengambilan acak sederhana dan keseluruhan penghuni pondok pesantren Al-Isyhar Prambon Nganjuk yang mengkonsumsi produk mie instant indomie pada bulajuni sampai agustus 2004.

Instrument penelitian yang digunakan adalah koisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah korelasi linier berganda, regresi linier beganda ٠ uji F dan uji t. pengolahan data menggunakan komputer dengan program SPSS for windows release 10.0.

Hasil dari analisis regresi antar variabel mempunyai persamaan: 3.954 ب 0.448 X, + 0.104 x2+ 0.276 x3 40.386 X4 . Nilai konstan 3.954 berarti bahwa keputusan pembelian terhadap produk mie instant indomie jika tidak ada pengaruh dari variabel bebas, bi = 0.448 berarti variabel merek mempengaruhi keputusan pembelian, konsumen untuk membeli produk mie instant indimie sebesar 44,8 %, bi = 0.104 berarti variabel pelabelan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk mie instant indomie sebesar 10.4 ٠/٠. b3 = 0.276 berarti variabel kemasan mempeengaruhi keputusan konsumen dalam membeli prodik mie instant indomie sebesar 27,6 ٠٠ /٥bi = 0,386 berari variabel bahan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli mie instant indomie sebesar 38,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al Idrus, Salim
Keywords: Atribut produk; keputusan pembelian
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 15 Aug 2023 14:34
Last Modified: 15 Aug 2023 14:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55480

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item