Problematika siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Tulungagung

Aulia, Alfi Ida (2016) Problematika siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Problematika siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran di kelas V sangat bermacam-macam. Diantaranya siswa tidak mampu untuk duduk dengan tenang, mereka senantiasa berpindah tempat, sulit untuk fokus/konsentrasi, pergi dari kelas, mengajak bermain teman, mengeluarkan suara keras serta perilaku destruktif lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permasalahan siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran kelas V, apa penyebab siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran kelas V dan bagaimana upaya guru dalam menangani siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran kelas V di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut :
(1) Problematika yang dialami oleh siswa hiperaktif dalam proses penerimaan pembelajaran disebabkan oleh 2 faktor dari diri siswa itu sendiri (faktor genetik) dan dari faktor guru meliputi media, metode pembelajaran, evaluasi, serta sarana dan prasarana. (2) Dalam proses pembelajaran guru tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan metode, strategi dan media yang interaktif dan menarik bagi siswa hiperaktif, justru menggunakan cara mengajar klasikal yang membuat siswa hiperaktif makin impulsif. (3) Solusi yang dilakukan guru adalah dengan memberikan alternatif seperti terapi musik (musik klasik) dan terapi bermain (bermain puzzle).

ENGLISH:

The problems of hyperactive students in the achieving process of learning in class V are very diverse. One of the students is not able to sit enjoyable, they are constantly on the move, it is difficult to focus / concentrate, away from the classroom, invite friends to play games, loud noise and other destructive behaviors.

This study aimed to determine how the problems of hyperactivity students in the achieving process of learning of class V, what is the cause of hyperactivity students in the admission process of learning iof class V and how are the efforts of teachers in dealing with hyperactive students in the admission process of learning of class V in MI Plus of Sabilul Muhtadin Pakisrejo Tulungagung.

This study used a qualitative approach and type of research was a case study. Then the data collection was used by observation, interview and documentation.

Results of research conducted as follows: (1) The common problem happening in hyperactive students was on acceptance proccess, this problems may indulge by 2 factor there are from student (genetic) and studying environment include teachers, media, teaching method, evaluation, tools and infrastructure. (2) In the process of learning, the teacher did not have the skills in using these methods, the interactive and engaging strategies and media for hyperactive students, it used the classical way of teaching that made hyperactive students in more impulsive. (3) Solutions were providing therapeutic alternatives such as music (classical music) and game therapeutic (puzzles).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Octaberlina, Like Raskova
Keywords: Problematika; Proses Pembelajaran; Siswa Hiperaktif; Problems; Learning Process; Hyperactive Student
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:15
Last Modified: 03 Jan 2017 09:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5542

Actions (login required)

View Item View Item