Sa'diyah, Siti Khalimatus (2007) Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Ploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01410069.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini. persoalan prestasi belajar siswa dan faktor yang mempengaruhinya menjadi perhatian praktisi pendidikan. Hal ini disebabkan adanya pernyataan, bahwa ada sebagian besar siswa MA al-Hidayah yang mempunyai prestasi belajar yang tinggi, juga memiliki kematangan emosi yang tinggi pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah kematangan emosi siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?.(2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?. (3) Apakah terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kematangan emosi siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah al-Hidayah Karang Ploso Malang.
Penelitian ini dilakukan di MA al-Hidayah Karang Ploso Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu kematangan emosi, dan satu variabel terikat yaitu variabel prestasi belajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dimaksud adalah siswa MA al-Hidayah Karang Ploso Malang dengan jumlah 39 siswa yang seluruhnya merupakan siswa kelas tiga. Untuk pengumpulan data, pada penelitian ini digunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk perhitungan reliabilitasnya digunakan teknik alfa cronbach. sedang untuk uji analisis statistik korelasional digunakan Product Moment Pearson.
Setelah dilakukan analisis dengan menguji statistik korelasi Product Moment Pearson, dapat diketahui bahwa dari 39 siswa siswa MA al-Hidayah, tingkat kematangan emosi siswa menunjukkan 20,51% siswa memiliki kematangan emosi yang tinggi, 48,72% memiliki kematangan emosi yang sedang dan 30,77% dengan tingkat yang rendah. Sedangkan tingkat prestasi belajar siswa menunjukkan terdapat 41,03%2 mempunyai prestasi belajar yang sedang. 38,46%% siswa mempunyai prestasi belajar yang rendah, dan 20,51 % siswa mempunyai prestasi belajar yang tinggi. Sedangkan Hubungan kematangan emosi dan prestasi belajar menunjukkan adanya korelasi yang positif dengan perolehan f hitung = 40.007 dan nilai probabilitas (P) < 0.05%.
Dari temuan data dan analisis pembahasan di atas, dapat disimpub bahwa ada hubungan yang positif antara kematangan emosi dengan prestasii belajar siswa MA al Hidayah Karang Ploso Malang. Semakin tinggi kematangan emosi siswa, semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Dan sebaliknya, semakin rendah kematangan emosi siswa, semakin rendah pula prestasi belajarnya.
ABSTRAK
Todays, the problem of students’ learning achievement and the factors that influence them has been being the concern of educational practitioners. It because a statement which states that most of Islamic Senior High School al-Hidayah’s students have high emotional maturity. The research problems in this research are (1) How are the students’ emotional maturity of Islamic Senior High School al- Hidayah Karang Ploso Malang? (2) How are the students’ learning achievement of Islamic Senior High School al-Hidayah Karang Ploso Malang? (3) Is there any relationship between the students’ emotional maturity and learning achievement of Islamic Senior High School al-Hidayah Karang Ploso Malang?.
The purposes of this research are (1) to know the students’ emotional maturity of Islamic Senior High School al٠Hidayah Karang Ploso Malang. (2) to know the students’ learning achievement of Islamic Senior High School al-Hidayah Karang Ploso Malang. (3) to know relationship between the students’ emotional maturity and learning achievement of Islamic Senior High School al-Hidayah Karang Ploso Malang.
This research has been done in Islamic Senior High School al- Hidayah Karang Ploso Malang. The research design that is used is correlation quantitative research. The research variable consists of a dependent variable, emotional; and an independent variable, learning achievement. The sample in this research has been taken by using purposive sampling technique. Those sample is 39 students of third class at Islamic Senior High School al-Hidayah Karang Ploso Malang. This research used questionnaire, observation, and documentation for collecting the data. The reliability calculation has used alfa cronbach technique, whereas correlation statistic analysis test has used Product Moment Pearson.
After analyzing the correlation statistics Product Moment Pearson, it shows that 20,51% of 39 samples have high emotional maturity, 48,72% have medium emotional maturity, and 30,77% have low emotional maturity. Whereas, 41,03% of 39 samples have medium learning achievement, 38,46% have low learning achievement, and 20,51% have high learning achievement. The relationship between the emotional maturity and learning achievement shows positive correlation, by f calculation = 40.007 and probability value (p) < 0.05%.
From the data and discussion analysis above, it can be concluded that there is positive relationship between the students’ emotional maturity and learning achievement of Islamic Senior High School al٠Hidayah Karang Ploso Malang. The higher students’ emotional maturity, so their learning achievement will also be higher. On the other hand, the lower students’ emotional maturity, so their learning achievement will also be lower.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mustofa, M. Lutfi |
Keywords: | Kematangan Emosi dan Prestasi Belajar Emotional Maturity and Learning Achievement |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 14:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 14:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55407 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |